Sekilas Info

Pembangunan Rumah Betang Tampun Juah Rampung di 2019

Tampak Pembangunan Rumah Betang Tampun Juah Yang Megah. Foto Kris Lucas

SINTANG | SenentangNews.com- Pemerintah Kabupaten Sintang akan mengalokasikan dana sekira Rp 2,4 miliar untuk melanjutkan progres pembangunan rumah betang tampun juah di Jerora I Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang.

Pembangunan rumah betang tampun juah sendiri dilakukan dalam empat tahap sejak 2015 lalu. Kegiatan dilanjutkan tahap keempat dengan target selesai akhir 2019.

Wakil bupati Sintang Askiman menginginkan pembangunan rumah betang tampun juah selesai sesuai target.

“Tahun ini dilanjutkan dengan finalisasi pembangunan fisiknya belum termasuk penataan halaman dan jalan di sekitar,”kata Askiman.

Terpisah Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Zulkarnain menjelaskan sejauh ini progres rumah betang masih dalam tahap proses lelang. Namun Jul mengaku pembangunan fisik rumah betang bisa selesai.

“Tahapnya sekarang masih lelang, namun secara perencanaan fisik dan keuangan sudah selesai,”jelas Julkarnain.

Selain fisik bangunan lanjut Zulkarnain, pihaknya juga akan menganggarkan penataan halaman ditahun 2019 ini sebesar Rp 1 Miliar. Namun dengan anggaran itu pihaknya pesimis penataan halan belum tuntas.

“Dengan luas halaman yang hampir 1 Hektar tentu dengan anggran segitu masih kurang, sebab jika melihat dari kultur tanahnya memang memakan biaya yang cukup besar,”tutupnya.

Terpisah Ketua DPRD Sintang Jeffray Edwar mendukung langkah pemerintah Sintang melanjutkan pembangunan rumah betang tampun juah ini. Menurutnya rumah betang yang merupakan icon masyarakat dayak ini sudah lama menjadi kerinduan masyarak Sintang.

“Tentu kita berharap pembanguna rumah betang ini bisa cepat diselesaikan,”kata Jefray.

Politisi PDI Perjuangan ini berharap kepada kontraktor yang mengerjakan bangunan tersebut agar bisa dikerjakan dengan maksimal dan sesuai dengan kontrak yang ada.

“Jangan asal-asl dikerjakan, kita tidak ingin rumah Betang yang dibangun dengan megah ini tidak sesuai dengan yang diharapkan,”pintanya.

Menurut Jefray, keberadaan rumah betang bisa menjadi menjadi sarana promosi pemerintah Kabupaten Sintang memperkenalkan potensi pariwisata kepada tamu yang datang berkunjung.

“Apabila sudah rampung tentu rumah betang ini bisa meningkatkankunjungan wisata di Sintang ini,”tukasnya.

Sementara itu Pantauan senentangNews.com di lapangan, bangunan rumah betang tampun juah yang berlokasi di jerora 1 ini sudah menyelesaikan pembangunan rangka beton. Rumah betang yang direncanakan dua lantai itu berdiri megah dilahan seluas kurang lebih 3 hektar. (bny)

error: Content is protected !!