2019 PLBN Sungai Kelik Segera Dibangun

473
Ilustrasi

SINTANG | SenentangNews.com- Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Sungai Kelik Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang dipastikan akan segera dilakukan pembangunannya. Saat ini tahapannya yakni proses lelang proyek.

Menurut informasi yang diperoleh Bupati Sintang Jarot Winarno, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan penentuan titik dan koordinat PLBN yang rencananya akan dibangun di Sungai Kelik Kecamatan Ketungau Hilir
“Perkembangan PLBN sekarang sudah proses lelang. Kalau perkembangan terakhir lelang kita belum dapat informasi apakah sudah selesai. Yang jelas tinggal dibangun pembangunan PLBN tersebut jika sudah ada pemenang lelangnya,”kata Jarot disela-sela halabihalal di Pendopo bupati, Senin (17/6/2019).

Menurut Jarot pembanguan PLBN di Sungai Kelik tersebu dianggarkan sebesar 48 miliar yang direncanakan pembangunannya di 2019 ini.

“Yang jelas kita pemerintah Sintang sangat mendukung adanya pembanguna PLBN di daerah kita setelah adanya pembangunan PLBN di Sanggau dan Kapuas Hulu,”kata Jarot lagi.

Dikatakan, apabila pembangunan PLBN dibangun nantinya tentu berfungsi untuk pelintasan manusia dan barang. Lebih dari itu, PLBN juga diharapkan menjadi pengembangan perekonomian di perbatasan. Seperti pasar atau peningkatan perdagangan lintas batas, terutama ekspor.

“Sesuai dengan permintaan Presiden RI Joko Widodo bahwa di PLBN itu nanti harus ada aktivitas ekonomi masyarakat seperti pasar dan lainnya. Sehingga, wilayah itu menjadi terpadu,” ujarnya.

Disinggung dengan lahan yang akan dibangun, Jarot juga mengharapkan peran masyarakat setempat untuk bisa menghibahkan tahannya demi pembangunan di daerah perbatasan yang lebih baik lagi.

“Kita berharap masyarakat bisa welcom dengan pembangunan PLBN ini di daerah perbatasan ini. Ini juga untuk kepentingan masyarakaat kita juga,”harapnya.

Ditempat yang sama Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward merespon postif terhadap rencana pembangunan PLBN yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Menurutnya pembanguna PLBN ini diharapkan bisa sama seperti PLBN yang telah dibangun di kalimantan Barat.

“Untuk tipenya kita belum dapat kabar apakah tipe A atau tipe B. Yang jelas kita bersyukur dengan dinagunnya PLBN di darah Sintang ini,”kata Jeffray.

Dengan dibangunya PLBN di Sintang ini, Politis PDI Perjungan ini juga berharap pemerintaha pusat juga bisa membangun infrastruktur jalan dan jembatan menuju daerah tersebut.

“Harapan kita akses menuju daerah perbatasn juga bisa ikut dibangun sehingga bisa memajukan sarana transportasi menuju daerah perbatasan,”kata Jefray seraya mengajak masyarakat untuk mendukung baik proses pembebasan lahan maupun akses lainnya. (bny)