Dewan Ingatkan Penggunaan Anggaran Dana Desa

254
Ilustrasi

SINTANG | SenentangNews.com- Anggota DPRD Sintang Julian Sahari mengharapkan Dana Desa terus dipantau pengelolaannya agar lebih efektif dan tepat sasaran. Hal ini disampaikannya saat menjadi juru bicara pandangan Umum Fraksi Gerindra di Gedung DPRD Sintang, Jumat ( 14/6/2019) kemarin.

Menurut Julian anggaran yang sudah dikucurkan pemerintah pusat melalui dana desa semakin tahunnya semakin meningkat sehingga peran kepala desa dalam pengelolannya harus lebih berhat-hati.

“Dana desa itu tidak kecil, makanya agar dana desa itu sendiri bisa dimanajemen dan dikelola lebih efektif sehingga bisa mendorong perekonomian di pedesaan. Jadi, ini adalah tugas kita bersama, bisa bersama-sam mengasinya,”kata Julian.

Julian juga mendorong pemerintah daerah Kabupaten Sintang melalui dinas terkait untuk dapat meninjau setiap pelaksanaan anggran penggunaan dana desa. Hal tersebut sangat penting mengingat salah satu ujung tombah pemerintahan di desa.

“Kita juga mendorong pemerintah daerah untuk melakukan cross cek kelapangan sehingga dengan melihat langsung dapat mengetahui sejauh mana serapan anggaran apakah ada penyimpangan atau tidak,”jelas Julian.

Julian juga mengapresias pemerintahan desa yang telah memasang spanduk sebagai salah satu bentuk transparansinya perangkat desa dalam mengelola penggunaan anggaran dana desa.

“Spanduk yang dipasang itu penting supaya masyarakat juga tahu seberapa besar pengelolaan dana desa yang sudah di kerjakan,”beber Julian.

Selain itu, Julian juga mengingatkan kepada kepala desa di 391 desa di Sintang, penggunaan Dana Desa tidak hanya dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur. Namun, perlu adanya inovasi yang mampu mengurangi angka kemiskinan dan menaikkan perekonomian desa.

“Jadi perangkat desa perlu berinovasi, tidak hanya setiap tahun membangun infrastruktur terus menerus makanya Dari itulah perangkat desa perlu memiliki wawasan yang luas dalam membangun desa. Misalnya, membuat kegiatan yang tepat, untuk mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kegiatan ekonomi di desanya,”tandasnya. (bny)