Gaji Tinggi Tak Bikin NGILER Dokter Spesialis Bertugas di Sintang

434
dr Rosa Trifina

SINTANG | SenentangNews.com– Upaya penambahan dokter spesialis di sejumlah layanan kesehatan di Kabupaten Sintang tampaknya masih sulit dilakukan. Pasalnya, hingga saat ini, gaji dan insentif yang diberikan masih rendah jika dibanding sejumlah wilayah yang ada di provinsi Kalimantan Barat.

Direktur RS Ade M Djoen Kabupaten Sintang dr Rosa Trifina membenarkan hal tersebut. Menurutnya penambahan dokter spesialis memang masih sulit dilakukan lantaran gaji yang diterima masih rendah.

“Untuk di Sintang ini gaji yang kita berikan hanya 18 juta perbulannya. Sementara jika dibandingkan dengan daerah lain kita masih rendah tentu ini membuat kecndrungan para dokter spesialis mikir dua kal bertugas di Sintang,”kata Rossa ditemui di gedung DPRD belum lama ini.

Dikatakan dr Rosa, dengan masih rendahnya gaji yang diterima oleh dokter spesialis yang diterima membuat pihaknya berencana akan menaikan gaji. Hal tersebut dirasa perlu sebab kabupaten Sintang memang masih kekurangan dokter spesialis.

“Kemari kan kita sudah membahas kenaikan ini bersama anggota dewan. Apakah kenaikan ini disetujui atau tidak, kita tunggu saja ya,”jelas Rossa.

Rosa mengatakan sejauh ini jumlah dokter spesialis di Kabupaten Sintang hanya 23 orang dengan jumlah tersebut tentu masih kurang.

“Kita perlu dokters spesialis bedah tulang, dokter spesialis THT, serta dokter spesialis bedah saraf,”bebernya.

Masih kata dr Rosa sejauh ini pihaknya masih membuka diri apabila ada dokter spesialis yang ingin bertugas di Sintang sebab Sintang memang masih kekurangan dokter spesialis. Seperti melalui jalur ikatan dinas dan meminta bantuan kepada Kemenkes.

“Kita berharap dengan lulusan dokter yang baru, ada dokter yang mau berkarya di Sintang ini,”harapnya.(bny)