Gelar Open House, Jarot : Nastar Juga TOP Di Negeri Sembilan

316
Bupati Sintang gelar open house di Pendopo Rumah Dinas Jabatan Bupati Sintang.

SINTANG | SenentangNews.com – Bupati Sintang, Jarot Winarno menggelar open house untuk semua ASN dan warga masyarakat Kabupaten Sintang di Pendopo rumah dinas jabatan Bupati Sintang yang terletak di Jalan Pangeran Muda Kabupaten Sintang, Senin (17/6/2019).

Jarot mengungkapkan open house tersebut digelar dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah dengan tujuan untuk mempererat ukhuwah yang ada di Kabupaten Sintang.

“Kemarin saya merayakan Idul Fitri bersama keluarga di Negeri Sembilan, Malaysia. Mau lebaran disini, kondisi bangunan tidak memungkinkan, pasca kebakaran beberapa waktu lalu. Rumah yang disewa di Transito juga tidak mungkin karena kecil, kalau ke Rumah Kopi rasanya tidak nyaman mengundang lebaran ke kebun,” ujarnya.

Menurutnya, tak ada yang berbeda dari perayaan Idul Fitri di Negeri Sembilan dengan perayaan di Kabupaten Sintang. Silaturahmi dengan keluarga dan tetangga terasa kental saat perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

“Disana tidak ada akhir keliling maupun terempoh seperti adat disini. Usai sholat, kami bersalam-salaman, saling kunjung-mengunjungi satu dengan yang lain, dan kami menyiapkan hidangan untuk dimakan bersama dengan warga non-muslim disana, dua hari sudah selesai,” tuturnya.

Untuk hidangannya, lanjut Jarot, juga tak berbeda jauh. Perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah di Negeri Sembilan selalu menyediakan lemang dan ketupat serta kue-kue hidangan lainnya.

“Disana pasti ada disediakan lemang yang makannya dicocol dengan rendang. Ketupat juga ada, kalau di Jawa kan ketupat dimakan pas lebaran ketupat. Untuk makanan lainnya, sama lah, kue keringnya yang top sama dengan disini, kue nastar,” tutupnya dengan gelak tawa. (Uli)