Insentif Dokter Spesialis Rendah, Pemkab Sintang Lakukan Kajian

549
Melkianus

SINTANG | SenentangNews.com- Minimnya tenaga kesehatan khususnya dokter spesialis di Kabupaten Sintang disinyalin karena insentif yang rendah membuat pemerintah kabupaten Sintang harus berfikir keras.

Anggota DPRD Sintang Melkianus mengaku akan melakukan kajian untuk menentukan besaran insentif dokter spesialis untuk wilayah Kabupaten Sintang.

“Soal insentif yang kecil dokter itu akan kami lakukan kajian lagi dengan pemerintah kabupaten Sintang dengan melihat kemampuan keuangan yang dimiliki pemerintah saat ini,”kata Melkianus, Selasa (11/6/2019).

Menurut Melkianus tunjangan bagi dokter spesialis di Kabupaten Sintang memang masih rendah jika dibandingkan dengan kabupaten lainnya di kalimantan Barat. Sehingga wajar saja banyak dokter yang pindah.

“Kami sudah melakukan rapat kerja beberapa waktu lalu dengan dinas terkati untuk menentukan besaran tunjangan dokter spesialis di Sintang ini,”katanya lagi.

Ia mengaku belum mendapatkan laporan soal berapa jumlah dokter yang dibutuhkan Kabupaten Sintang ini. Khususnya dokter umum dan dokter spesialis. Sehingga dia belum dapat berkomentar banyak.

Namun, yang pasti untuk bidang kesehatan ini, merupakan pelayanan dasar yang wajib dipenuhi pemerintah selain pendidikan dan desa.

“Saya belum mendapat laporan berapa insentif yang mereka terima perbulannya tetapi memang kecil dari daerah lain,”jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sebelum menentukan kembali insentif dokter yang ada, pihaknya ingin kembali mengetahui kebutuhan riil dan keberadaan dokter yang tersedia saat ini. Sehingga, dalam penentuannya nanti ada dasar dan dapat dihitung dengan jelas.

“Nanti apabila insentif itu disetujui antara eksekutif dan legislatif maka akan segera di buat perbubnya supaya hal tersebut jelas,”bebernya.

Politisi Golkar ini juga berharap dengan adanya kenaikan insentif bagi dokter spesialis di Kabupaten Sintang ini maka pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat bisa maksimal.

“Jadi antara kenaikan dan pelayaanan yang diberikan bisa berimbang,”harapnya.

Tak hanya menaikan insentif bagi dokter spesialis, pihaknya juga berupaya akan meningkatkan tunjangan tenaga magang baiak di Rumah sakit mapun pukesmas yang ada bumi senentang ini.

“Akan kita kaji semua supaya ada peningkatan kesejahtraan mereka kedepannya,”tandasnya (bny)