Resmikan Jembatan Komposit Sungai Ulak, Jarot : Anang Luat Lagi Bah

329
Bupati Sintang, Jarot Winarno meresmikan jembatan komposit Sungai Ulak.

SINTANG | SenentangNews.com – Mobil Dinas Jabatan Bupati Sintang dengan plat KB 1 E menjadi kendaraan yang pertama kali melintas di jembatan komposit Sungai Ulak usai diresmikan oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno pada Sabtu kemarin (1/6/2019).

“Anang luat lagi bah, udah jadi jembatan kita tuk,” ujar Jarot sembari bercanda kepada sejumlah warga masyarakat setempat yang hadir pada peresmian tersebut.

Jarot mengungkapkan bahwa keberadaan jembatan komposit Sungai Ulak ini menjadi sangat penting mengingat ruas jalan di daerah tersebut akan menjadi ruas jalan nasional.

“Setelah bertahun-tahun terus diperbaiki karena jembatan ini dulunya terbuat dari kayu, akhirnya sekarang sudah lebih bagus. Tahun ini kita juga akan melakukan penimbunan jalan pada titik rawan banjir hingga ke Simba,” tuturnya.

Dengan adanya jembatan ini, Jarot berharap warga masyarakat dapat menjaga dan memelihara infrastruktur jembatan tersebut sehingga bisa memberikan kemudahan bagi semua pihak untuk melakukan transportasi yang tentunya akan diiringi dengan berbagai peningkatan termasuk peningkatan ekonomi.

“Tadi saya terkejut, kenapa jembatan ini kecil, cuma bisa lewat satu kendaraan roda empat dan satu kendaraan roda dua, rupanya sengaja dilakukan oleh pihak pembangun, biar awet katanya,” katanya sembari tertawa.

Ketua UPPJ Wilayah 2 dan 3 Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sintang, Beni Syahbani menjelaskan yang dimaksud jembatan komposit adalah pembuatan jembatan merupakan kombinasi rangka besi dan cor beton.

“Panjangnya 20 meter, lebar 4.70 meter, kiri kanannya kita gunakan untuk pejalan kaki jadi lebar yang bisa dilalui kendaraan sekitar 3 meter. Kemampuan jembatan kurang lebih 8 ton. Sengaja kita buat demikian, agar anak-anak yang pergi dan pulang sekolah aman, kendaraan tidak saling selisih sehingga kita perkirakan akan lebih awet,” jelasnya. (Hms/Uli)