Sekilas Info

Tetap Bugar Selama Puasa, Ini Tips Berbuka SEHAT dari Kadinkes Sintang

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Haryanto Sinto Linoh

SINTANG | SenentangNews.com - Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah yang disertai cuaca yang cukup ekstrem di Kabupaten Sintang menjadi salah satu tantangan bagi warga masyarakat khususnya yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh mengimbau kepada warga masyarakat khususnya bagi yang sedang menjalankan puasa untuk lebih ekstra menjaga kesehatan dengan tidak konsumsi berlebihan ketika berbuka puasa.

"Saya setuju jika harus berbuka dengan menggunakan kurma dan minum air manis, dengan begitu perut tidak langsung penuh, menyesuaikan setelah belasan jam kosong. Berbuka puasa seperti itulah puasa sehat," ujarnya ketika ditemui sejumlah awak media beberapa waktu lalu.

dr. Sinto juga meminta kepada warga masyarakat yang menjalankan ibadah puasa untuk tidak langsung mengkomsumsi air es karena akan berdampak pada kesehatan tubuh.

"Meminum air es saat berbuka puasa memang terasa lebih nikmat namun dampaknya tak baik untuk kesehatan, selain bisa membuat perut kembung juga bisa membuat panas dalam. Minumlah air dengan suhu biasa saja agar tubuh kita tidak terkejut apalagi setelah seharian tidak diisi," ucapnya.

dr. Sinto menyampaikan bahwa bulan Suci Ramadhan ini paling banyak kasus batuk dan influenza terlebih lagi dengan cuaca yang tidak menentu.

"Cuaca tidak menentu, kadang malam hujan, besoknya panas sangat. Ini sangat mempengaruhi kesehatan, maka kembali saya ingatkan untuk menjaga kesehatan terutama bagi umat muslim yang saat ini sedang menjalankan Ibadah Puasa," tukasnya. (Uli)

error: Content is protected !!