Sekilas Info

Empat Desa di Sintang Berjuang Menuju Desa Mandiri

Herkolanus Roni

SINTANG | SenentangNews.com- Dari 391 desa yang ada di Kabuapten Sintang, diketahui baru empat desa yang diusulkan menuju desa mandiri. Desa tersebut adalah desa Sungai Ana, Desa Pagal baru, Desa Kebong dan Desa Gurung Kempadik.

Artinya, jumlah tersebut masih terbilang sangat minim. Ini jika dibandingkan dari total desa yang ada di bumi Senentang ini masih ada 387 desa lagi yang harus diperjuangkan ke tahap desa mandiri.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sintang Herkolanus Roni mengatakan keempat desa itu diusulkan naik status karena berdasarkan penilaian Indeks Desa Membangun (IDM) yang telah dilakukan, keempatnya mampu meraih skor untuk berada di kategori desa mandiri.

"Dua desa sudah tuntas dan sudah ditetapkan menjadi desa mandiri. Dua desa itu meliputi desa Sungai Ana dan desa Kebong. Sementara desa Pagal Baru dan desa Gurun Kempadik masih dalam tahap penilaian oleh tim dari kementrian desa dan pemerintah propinsi Kalbar,”kata Roni.

Menurut Roni empat desa tersebut masing-masing memiliki penialan tersendiri untuk ditetapkan menjadi desa mandiri. Penialannya dari berbagai aspek seperti lingkungan, sosial, ekonomi dan pendidikan.

“Tugas kita kabupaten hanya melengkapi apa saja yang dianggap masih kurang. Penetapannya nanti diatur keputusan menteri. Tidak hanya Sintang saja, karena penialian ini skalanya nasional,” ujarnya.

Selain itu kata Roni Desa mandiri sangat penting sebab dari situlah Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan barometer pembangunan di desa tersebut.

“Harapan kitadengan banyaknya desa-des mandiri yang bermunculan kedepan bisa meningkatkan kesejahtraan masyarakat desa,”bebernya.

Roni mengakui untuk mencapai desa mandiri sangatlah sulit karena masih banyak permasalahan di masing-masing desa yang harus di tuntaskan salah satunya terkait infrastruktur.

“Tapi kita kedepan akan menargetkan banyak desa di Sintang ini berstatus desa mandiri,”tukasnya.

Terpisah Anggoata DPRD Sintang Kusnadi mendukung langkah pemerintah kabupaten Sintang untuk menjadikan desa-desa yng ada di Sintang menjadi desa mandiri.

“Ini langkah bagus pemkab Sintang menjadikan beberapa desa menjadi desa mandiri,”kata Kusnadi.

Selain mendukung langkah pemkab Sintang, Kusnadi juga menghimbau kepada semua desa yang ada di Sintang ini untuk berbenah diri sehingga peluang tumbuh-kembangnya desa ke semakin banyak

"Kami berharap pemerintah melalui dinas terkait terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat termasuk peningkatan kapasitas aparatur desa untuk mencapai Desa Berkembang, Desa Maju, dan Desa Mandiri," sebutnya. (bny)

error: Content is protected !!