Pemekaran Kecamatan Terus Dikejar, Pemkab Sintang Siapakan Strategi

730
Foto : Istimewa

SINTANG | SenentangNews.com- Wakil bupati Sintang Askiman mengatakan, dukungan pembentukan daerah otonomi baru (DOB) terkait pemekaran kecamatan di kabupaten Sintang sampai saat ini sudah didapat. Namun, ada beberapa persyaratan yang masih perlu dipenuhi.

“Sebenarnya pemekaran kecamatan di Kabupaten Sintang ini sudah tidak ada masalah lagi sebab bolannya sudah di propinsi dan pusat,”kata Askiman usai buka bersama di kediamannya, Selasa (14/5) kemarin.

Menurut Askiman sejauh ini proses administrasi terhadap pemekaran kecamatan sudah dilengkapi semuanya hanya saja pihaknya masih menunggu persetujuan rekomendasi dari kementrian dalam negeri (kemendagri).

“Saya kira habis lebaran nanti kita akan kejar ke Kemendagri untuk melihat apa saja yang menjadi kendala saat ini, sebab pemekaran kecamatan merupakan kebutuhan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pemerintahan yang lebih baik lagi,”kata Askiman.

Selain itu kata Askiman, jika merujuk dari data yang ada Kabupaten Sintang sendiri memiliki luas 21 ribu kilometer persegi. Dengan luas yang ada maka pemekaran kecamatan sudah selayaknya di perlukan.

“Kita yakin dengan pemekaran kecamatan ini pemerintah mampu menjangkau ke semua daerah pedalaman yang ada serta memberikan rentan kendali pelayaanan baik urusan pemerintahan, ekonomi, politik serta kesejahtraan masyarakaat bisa berjalan dengan baik,”jelasnya.

Ditanya dengan pemekaran kecamatan di daerah perbatasan, Askiman mengaku jika saat ini pemkab Sintang masih menunggu rekomendasi dari Bandan Pengelolaan Perbatasan (BNPP).

“Rekomendasi itu yang kita tunggumakanya seltelah lebaran ini akan kita kejar itu,”tukasnya.

Terpisah Anggota DPRD Sintang Melkianus mendukung langkah pemerintah Kabupaten Sintang menuntaskan pemekaran kecamatan yang ada di bumi senentang ini.,

Menurutnya pemekaran Kecamatan merupakan kebutuhan semua masyarakat demi teciptanya pelayanan yang baik di tengah-tengah masyarakat.

“intinya kita mendukung langkah Pemkab Sintang memekarkan kecamatan,”jelas Melkianus di hubungi media ini terkait dukungan dewan terhadap pemekaran kecamatan.

Masih menurut Politisi Golkar ini pemekaran yang ditegaskan wakil bupati Sintang tersebut sebagai tekad Pemerintah Kabupaten Sintang untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya penyelenggaraan pemerintahan.

“Itu saya kira bukan karena permintaan masyarakat semata, tapi kita melihat ke depan harus dilakukan penatalayanan pemerintahan, sehingga wilayah yang sedemikian luas ini paling tidak nanti cakupannya menjadi kecil dan ketajaman pemerintahan pun semakin baik,” tegasnya.

Terkait dengan pemekaran kecamatan di wilayah perbatasan Politisi tiga periode ini mengaku bahwa yang dilakukan oleh pemerintah Sintang dalam mendukung pemekaran adalah untuk kesejahteraan dan kemaslahatan masyarakat yang di perbatasan. Karena menurutnya, kalau berbicara perbatasan itu adalah bicara masalah kedaulatan negara dan harga diri bangsa.

“Kita tahu sendri bahwa wilayah perbatasan merupakan garda terdepan bangsa dan negara. Jadi apapun itu wilayah perbatasan layak dimekarkan meskipun harus menunggu rekomendasi dari BNPP,”tukasnya. (bny)