Merasa Dicurangi, Demokrat Sekadau Lapor PPK Meliau

338

SEKADAU | SenentangNews.com – Diindikasi adanya penggembungan salah satu suara Caleg DPR RI dari salah satu partai, Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Sekadau, Jeffray Raja Tugam melaporkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Meliau, Kabupaten Sanggau ke Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (9/5).

“Laporan sudah diterima salah satu Komisioner Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat, Abdul Haris dengan nomor penerimaan laporan nomor 003/LP/PL/ADM.BERKAS/PROV/20.00/V/2019,” ujarnya kepada awak media melalui telepon selular.

Jeffray mengatakan bahwa pihaknya telah melampirkan sejumlah barang bukti dokumen yaitu C1 dan Form DAA1 (Kelurahan/Desa) di semua tempat yaitu di desa Jaya Mukti, Desa Harap Makmur, Desa Lombak, Desa Kunyil, Desa Balai Tinggi, Desa Melobok, Desa Meliau Hilir, Desa Pampamg Dua, Desa Sei, Desa Kembayau, Desa Melawi Makmur, Desa Kl Buayan, Desa Enggadai, Desa Meranggau, Desa Cupang, Desa Lalang, Desa Sei Manyam dan Desa Meliau Hulu.

“Saksi kami juga telah mengisi DB2 (Surat Keberatan Ke KPU) pada saat pleno si Kabupaten Sanggau. Penolakan tersebut terkait form DA1 (Hasil Rekapitulasi Tingkat Kecamatan) dari Kecamatan Meliau dan DB1 (Hasil Rekapitulasi Tingkat Kabupaten) Sanggau,” ucapnya.

Jeffray menegaskan ada tiga permintaan yang kepada Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat seperti yang telah dicantumkan di laporan tersebut, yaitu pertama mengembalikan perolehan suara sesuai C1 di beberapa desa yang tertulis disana.

“Jika terbukti sengaja melakukan perubahan hasil suara, kami meminta Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat menindak lanjuti laporan kami dan mendiskualifikasi caleg yang bersangkutan,” tukasnya.

Reporter : Sutarjo
Editor      : Yuli Fitriani