Hentikan Empat Kasus Dugaan Money Politik, Ini Alasan Bawaslu Sekadau

360
Komisioner Bawaslu Kabupaten Sekadau, Al-Aminuddin

SEKADAU | SenentangNews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sekadau menghentikan empat dari tujuh kasus dugaan money politik yang telah dilaporkan oleh masyarakat saat masa tenang pemilu tahun 2019.

Komisioner Bawaslu Bidang Penindakan dan Pelanggaran, Al-Aminuddin mengungkapkan dihentikannya kasusnya dikarenakan tidak memenuhi unsur pelanggaran.

“Sesuai UU Pemilu Nomor 52, indikasi money politik yang dilaporkan oleh masyarakat yang dilakukan oleh beberapa caleg dari beberapa parpol tidak memenuhi unsur pelanggaran,” ujarnya ketika ditemui sejumlah awak media di Bawaslu Kabupaten Sekadau, Kamis (9/5).

Menurut Aminuddin, terlapor tidak termasuk dalam tim sukses dari caleg tertentu yang namanya sudah tertera di Komisi Pemilihan Umum. Dengan tidak memenuhi unsur tersebut, Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Sekadau menghentikan penyelidikan.

“Untuk caleg dari Dapil I yaitu Abang Ramli dari Partai Gerindra, Yuhilda Harahap dari PKPI, dan Supardi dari PPP serta Lorensius Ardi Wiranata Calek Perindo Dapil II. Keempat kasus dugaan money politik tersebut sudah kita hentikan penyelidikannya,” ucapnya.

Meskipun demikian, lanjut Aminuddin, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap tiga kasus dugaan money politik yang juga dilaporkan oleh warga masyarakat.

“Yang tiga kasus di Dapil II masih dalam tahap pemeriksaan saksi dan pemanggilan terlapor,” tukasnya.

Reporter : Sutarjo
Editor      : Yuli Fitriani