Gunakan Pakaian Adat, Satlantas Polres Sintang Bagi Takjil Dan Ilmu

441

SINTANG | SenentangNews.com – Dengan menggunakan pakaian adat, Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resort (Polres) Sintang menggelar aksi di Simpang Lima Sintang, Rabu (8/5).

Kasat Lantas Polres Sintang, AKP Rizal Satria Ferdianto mengungkapkan dengan menunjukkan keunikan dari keberagaman suku dan agama yang ada di Kabupaten Sintang diharapkan mampu membuat warga masyarakat khususnya pengendera yang saya itu melintas di jalan tersebut dapat lebih memahami peraturan lalu lintas.

“Sengaja kami kemas seunik dan semenarik mungkin dengan harapan warga masyarakat khususnya pengendara dapat memahami tujuh poin penting saat berkendara dengan lebih baik sehingga tidak ada pelanggaran lalu lintas dan dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, lanjut Kasat Lantas Polres Sintang, pihaknya juga membagikan ratusan takjil untuk pengendara yang melalui ruas jalan tersebut.

“Ini merupakan cipta kondisi yang kebetulan bertepatan dengan Bulan suci Ramadhan jadi kita melakukan pembagian takjil dan juga brosur mengenai tujuh poin penting yang harus diperhatikan oleh pengendara saat berkendara,” tuturnya.

Kasat Lantas Polres Sintang berharap dengan kegiatan yang dibuat menarik ini dapat membuat kesadaran masyarakat dalam menaati peraturan lalu lintas semakin tinggi.

“Selain hiburan untuk masyarakat, kami juga berharap dengan menggunakan alat peraga mampu memberikan pemahaman yang cepat dan tepat kepada pengendara dalam menjaga keselamatannya saat berkendara,” tuturnya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang, Kusnadi mengapresiasi langkah yang diambil oleh Satlantas Polres Sintang dalam mengedukasi pengguna jalan khususnya pengendara roda dua dan roda empat.

“Caranya unik, ini akan akan diingat dan mendapatkan tempat dihati pengguna jalan. Apa yang ingin disampaikan akan lebih bisa diterima jika penyampaiannya dapat dilakukan dengan baik dan terlebih lagi tak biasa seperti ini,” katanya.

Kusnadi berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kesadaran warga masyarakat dalam menjaga keselamatan diri saat berkendara sehingga dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas khususnya di Kabupaten Sintang.

“Ada beberapa pesan penting seperti penggunaan helm yang baik, kecepatan tak melebihi batas, membawa kelengkapan surat menyurat, tak mengijinkan anak di bawa umur untuk berkendara dan beberapa hal lainnya yang bisa kita ambil. Ini salah satu bentuk kepedulian dari Satlantas Polres Sintang dalam meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sintang,” tukasnya. (Uli)