Sekilas Info

Diduga Kebocoran Gas, Simanis Nyaris Ludes Terbakar

SINTANG | SenentangNews.com - Kebocoran gas, satu Rumah Tokonya (Ruko) yang terletak di Jalan YC. Oevang Oeray, Desa Baning Kota, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang nyari terbakar dilahap si jago merah, malam ini, Rabu (1/5).

Salah satu penghuni bangunan tersebut, Mar mengaku terkejut saat mengetahui asap sudah memenuhi ruangan tingkat dua, bangunan tersebut.

"Saya mau mandi, pas saya mau turun lihat asap sudah banyak, langsung saya naik lagi, tutup hidung dengan baju dan keluar dari atas. Hp yang baru saya beli saja tertinggal, belum ada ketemu, Mariah takut soalnya masih ada asapnya," ujarnya ketika ditemui di lokasi kejadian.

Meski tak terluka parah, Mar mengaku takut dikarenakan saat itu hanya dirinya sendiri yang berada di bangunan tingkat dua tersebut.

"Paman saya itu ada mau bakar anjing, dekat situ ada gas jadi mungkin itu yang membuatnya meledak dan terbakar. Saya langsung keluar dari atas, manjat jendela," ucapnya.

(Foto : Jumari)

Danru VII Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sintang, Hardiansyah mengungkapkan bahwa pihaknya mendapatkan informasi sekitar pukul 19.30 WIB.

"Untuk saat ini, yang kita tahu karena adanya kebocoran gas. Kejadian terjadi di Rumah Makan Si Manis milik Pak Siman dan Advokat yang usahanya menjadi satu bangunan. Warga sekitar bergerak cepat dengan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) sehingga tidak menimbulkan kerusakan yang lebih besar," jelasnya.

Hardiansyah menjelaskan meski api sudah tak terlihat lagi saat petugas Damkar tiba di lokasi kejadian, pihaknya tetap melaksanakan tugas sebagai Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Karena masih ada hawa panas, maka kami minta kepada pihak PLN untuk mematikan listrik agar kami bisa mengecek dengan pasti tak ada lagi titik api yang bisa menyebabkan kebakaran," tuturnya.

Hardiansyah menyampaikan bahwa pihaknya menurunkan seluruh armada untuk menangani kejadian ini. Hal itu dilakukan sebagai salah satu antisipasi dan meminimalisir terjadi hal -hal yang tidak diinginkan.

"Kondisi hingga pukul 19.55 WIB sudah aman, petugas kita sudah memeriksa keadaan. Untuk armada, kita kerahkan seluruhnya agar dapat mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," tukasnya.

Selain petugas Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sintang, personil dari Kepolisian Resort (Polres) Sintang turut mengamankan tempat kejadian dan juga mengatur arus lalu lintas di wilayah tersebut sehingga petugas Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sintang dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. (Uli)

error: Content is protected !!