Nasdem Sintang Klaim Perolehan Suara Merata di Semua Dapil

703

SINTANG I SenentangNews.com- Meskipun hasil pleno tahapan rekapitulasi suara tingkat kecamatan masih berlangsung sampai hari ini (23/4). Namun, sejumlah partai politik sudah memprediksi perolehan kursi mereka di parlemen di DPRD Sintang.e

Seperti yang diutarakan Ketua DPC Nasdem Kabupaten Sintang H. Heri Samsudin mengatakan dari data internal partainya disebut bakal mendapatkan 6 kursi. Bahkan lanjutnya di dapil 3 partainya bakal merebut dua kursi di parlemen.

“Yang pasti sudah enam kursi. Itu merata di semua dapil. Insyaallah dapil tiga kita dua kursi,”kata Herisamsudin, Selasa (23/4).

Meski Nasdem sudah mendapatkan 6 kursi di semua dapil, dirinya enggan berspekulasi terlalu berlebihan sebab pihaknya masih melihat perolehan partai politik lainnya.

“Yang jelas kita nambah kursinya, dari 5 kursi, sekarang nambahlah,”ujarnya tersipu malu.

Ditanya dengan nama yang duduk di nantinya, Mantan ketua DPRD Sintang ini enggan membocorkan nama-nama yang duduk di parlemen nantinya.

“Yang jelas kita masih menunggu hasil keputusan dari KPU,”tandasnya.

Harus Dievaluasi

Tingginya tensi politik tahun 2019 yang telah berlalu tentu menjadi perhatian Ketua DPC Nasdem Sintang Heri Samsudin.

Masalah paling umum diucapkannya adalah banyaknya kertas suara yang harus dipilih. Seperti diketahui pada Pemilu 2019 masyarakat mendapat 5 kertas suara pilihan, yakni Presiden dan Wakil Presiden, DPD (Dewan Perwakilan Daerah) RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Ini berbeda dengan Pemilu sebelumnya, yang dipisahkan antara Pilpres dan Pileg.

“Menurut pendapat pribadi saya pemilu kali ini memang rumit. Tentu ini harus menjadi evaluasi semua pihak,”jelasnya.

Heri Samsudin pun menyoroti sistim pemilihan langsung disemua tingkatan. Misalnya, dia cukup terkejut ketika surat suara lebih besar dari kotak suara.

“Saya melihat pemilihan langsung ini ada negatifnya, membuat sebagian masyarakat jadi pragmatis,”imbuhnya. (Bny)