3.235 Surat Suara Rusak Dibakar

415

SINTANG I SenentangNews.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang akan memusnahkan 3.235 lembar surat suara yang mengalami kerusakan dan kelebihan. Surat suara tersebut bakal dimusnahkan dengan cara dibakar di halaman Kantor KPU Sintang, Selasa (16/4) malam nanti.

Ketua KPU Kabupaten Sintang Hazizah mengatakan Kerusakan ini meliputi semua surat suara yang ada, baik itu presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Kalbar, juga DPRD Sintang.

“Semua jenisnya ada yang rusak. Makanya akan kita musnahkan dengan cara dibakar nanti malam, “jelas Hazizah di temui di ruang kerjanya, Selasa (16/4).

Dikatakan Hazizah, dari segi kerusakan surat suara, pihaknya menemukan banyak variasi. Seperti adanya garis bagian depan, robek di bagian tengah, dan ada noda seperti tinta. Sehingga, pihaknya akan melakukan pemusnahan surat suara dengan cara dibakar.

“Sementara kami simpan dulu, nanti malam akan dimusnahkan dengan cara dibakar. Ini berdasarkan aturan. Nanti pas pembakaran akan disaksikan oleh Bawaslu, Kesbangpol dan aparat kepolisian,” jelasnya.

Dengan  pemusnahan kali ini labjut Hazizah dipastikan sudah tidak ada lagi surat suara yang tersebar diseluruh kecamatan yang memiliki daftar pemilih ganda.

“Kami juga telah melakukan kroscek di semua kecamatan di kabupaten Sintang supaya Surat suara yang rusak maupun Ada kelebihan telah dimusnahkan malam ini , “tukasnya.

Hazizah juga memastikan bahwa semua logistik pemilu di 14 Kecamatan di Kabuparen Sintang telah di distribusikan semuanya. Namun demikian hanya beberapa desa terdekat masih menunggu pengiriman.

“Untuk Sintang hanya tiga desa yang belum. Tapi kita sudah berkordinasi dengan panitia TPS bahwa masih dalam pengiriman, “tukasnya.

Terpisah Anggota DPRD Sintang Hardoyo menyambut baik langkah KPU Sintang memusnahkan surat suara lebih dan rusak tersebut.

“Dengan dimusnahkannya surat suara ini bisa mencegah terjadinya anggapan negatif oleh tim sukses pasangan calon maupun dari para calon yang mencalonkan dirinya di Sintang ini, “jelasnya.

Hardoyo pun meminta kepada masyarakat untuk datang Ke TPS menyalurkan hak suara untuk memilih pemimpin Lima tahun kedepannya.”

Mari gunakan hak suaranya sesuai hati nurani masing-masing. Ingat jangan Golput, “tutupnya. (Bny)