Sekilas Info

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, 132 Sekolah Terpantau KIAT Guru

SINTANG | SenentangNews.com - Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sintang, sekolah yang terpantau dengan program rintisan KIAT Guru di Kabupaten Sintang naik menjadi 100 persen.

Kepala Bidang Sosial dan Budaya Bappeda Sintang, Kusmara Amijaya mengungkapkan bahwa tahun 2019 ada kenaikan 100 persen dari jumlah sekolah tahun 2018 yang sebelumnya hanya berjumlah 66 sekolah yang terpantau pada program rintisan Kinerja dan Akuntabilitas (KIAT).

"Bupati Sintang kita sangat semangat untuk hal ini dan meminta agar seluruh sekolah dapat terpantau pada Program Rintisan KIAT Guru ini, hanya karena terbentur dana maka kita naikkan jadi 100 persen saja yaitu 132 sekolah yang tersebar di 14 kecamatan," ujarnya ketika ditemui di Pemda Sintang usai rapat tim koordinasi daerah KIAT Guru, Senin (15/4).

Kusmara mengatakan program rintisan KIAT Guru ini mengedepankan beberapa kriteria yaitu daerah sangat tertinggal dan juga mempunyai NUPTK maka kita ajukan IDM (Indeks Desa Membangun) sehingga daerah yang paling banyak yaitu di daerah Serawai, Ambalau dan Ketungau Hulu.

"Tahun lalu kita tidak melibatkan Camat, tahun ini kita libatkan. Untuk pelaku KIAT Guru ada di Desa yaitu Desa, Kelompok Pengguna Layanan (KPL) dan sekolah itu sendiri," ucapnya.

Mengenai pembiayaan, lanjut Kusmara, KIAT Guru ini dimasukkan dalam APBDes. Artinya, desa yang terdapat program KIAT Guru harus menganggarkan untuk mendukung rapat bulanan di desa.

"Karena ini sifatnya memberdayakan, maka tidak ada honor. Hanya saja untuk rapat bulanan dilakukan di desa dengan menggunakan anggaran desa," ungkapnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Yustinus menyampaikan sejak adanya program rintisan KIAT Guru ini maka ada peningkatan baik dari kehadiran guru dan siswa cukup tinggi.

"Peningkatan sangat signifikan baik dari kehadiran guru dan siswa serta kualitas pendidikan termasuk angka anak melek huruf juga sudah sangat baik," tuturnya.

Yustinus mengungkapkan pemberdayaan masyarakat pada program rintisan KIAT Guru sangat membantu peningkatan kualitas pendidikan terlebih di daerah perbatasan.

"Yang bisa memantau langsung bagaimana kehadiran dan proses belajar mengajar di daerah memang masyarakat sehingga program ini sangat membantu untuk meningkatkan kualitas SDM melalui pantauan kegiatan di sekolah," katanya. (Uli)

error: Content is protected !!