Peroleh Sertifikat dari Bawaslu RI, Fordem Kalbar Turut Pantau Pemilu Serentak di Kalbar

584
Erasmus Endi Dacosta

SINTANG | SenentangNews.com – Pemilu serentak di Kalimantan Barat (Kalbar), tambah satu pemantau lagi. Dengan diterimanya Sertifikat Akreditasi No. 110/BAWASLU/IV/2019 tanggal. 10 April 2019 dari Bawaslu RI, Forum Penegak Demokrasi (Fordem) Kalbar resmi sebagai salah satu Pemantau Pemilu serentak di Kalbar tahun 2019. Fordem Kalbar telah 15 tahun berkiprah menjadi Pemantau pada berbagai Pemilu di Kalbar.

Menurut Ketua Umum Fordem Kalbar, Erasmus Endi Dacosta, ada sejumlah wilayah di Kalbar yang diindikasikan rentan terjadinya kecurangan. Untuk itu, Fordem Kalbar telah menerjunkan ratusan orang anggotanya ke wilayah-wilayah tersebut. Wilayah pantauan Fordem meliputi hampir seluruh wilayah Kalbar. Perlengkapan dan peralatan untuk bertugas, juga sudah direma dari Bawaslu RI.

“Pemantauan bukan hanya dilakukan pada hari pencoblosan dan pasca pencoblosan saja. Hari-hari sebelum pencoblosan juga terbilang rawan. Karenanya, tiga hari sebelum hari pencoblosan sebagian besar personel sudah menyebar dan berada di sejumlah wilayah. Khusus untuk wilayah-wilayah tertentu yang terindikasi rawan, pemantauan akan dilakukan berlapis. Pemantauan bukan hanya kepada pemilih, juga kepada kelompok penyelenggara,” kata Endi.

Saat ditanya tentang seperti apa tindak lanjut yang akan dilakukan jika ada temuan. Menurut Endi ini negara hukum, Fordem tetap akan mengikuti prosedur yang berlaku. Personil Fordem cukup banyak, tidak ada alasan data temuannya menjadi kadaluwarsa.

“Fordem juga mengharapkan partisipasi aktif masyarakat, jangan takut untuk memberikan informasi jika ada hal-hal yang mencurigakan dilapangan. Identitas informan akan dijaga kerahasiaanya demi investigasi lebih lanjut. Jangan takut terhadap oknum-oknum yang akan menciderai demokrasi di negeri ini,” pungkas Endi. (lcs)