Sekilas Info

Deklarasi ODF, 124 Rumah Di Desa Sungai Areh Miliki Toilet Pribadi

Bupati Sintang Tandatangani Deklarasi ODF

SINTANG | SenentangNews.com - Sebanyak 124 rumah di Desa Sungai Areh, Kecamatan Ketungau Hulu sudah memiliki toilet sendiri sejak tiga bulan lalu mendapatkan sosialisasi mengenai pentingnya memiliki toilet di setiap rumah.

"Dari 243 rumah yang ada di Desa Sungai Areh ini, ada 124 rumah yang sudah memiliki toilet sendiri. Sementara yang 106 rumah akan terus kita upayakan program kampanye ODF (Open Defecation Free)," ujar Kepala Dinas Kesehatan Sintang, dr. Haryanto Sinto Linoh yang turut serta mendampingi Bupati Sintang untuk Deklarasi ODF di Desa Sungai Areh, Sabtu (6/4).

Sinto mengucapkan terimakasih kepada semua tim yang terlibat sehingga kesadaran warga masyarakat di daerah tersebut untuk memiliki toilet sendiri menjadi cukup tinggi.

"Persoalan mengubah perilaku BAB sembarangan bukan hal yang mudah tentunya. Ini butuh kesabaran agar warga masyarakat mengerti dan memahami bagaimana perilaku hidup sehat," ucapnya.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengungkapkan desa ODF dapat terwujud merupakan partisipasi dari seluruh masyarakat Desa Sungai Areh.

"Tanpa kepedulian kita sebagai masyarakat untuk melakukan pola hidup sehat sudah barang tentu akan sulit terwujudnya pelaksanaan sebagai desa ODF," katanya.

Tidak BAB (Buang Air Besar) sembarangan, lanjut Jarot, memberikan dampak positif bagi warga masyarakat khususnya di bidang kesehatan.

"Program sanitasi dan air bersih merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan suatu daerah. Ini penting, dan perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak," tuturnya. (Hms/Bny)

error: Content is protected !!