Sekilas Info

Ikut Rakor Karhutla, Dandrem 121/Abw Harap Semua Elemen Bersinergi

PONTIANAK I SenentangNews.com- Danrem 121/Abw Brigjen TNI Bambang Trisnohadi selaku Wakil Komandan Satgas Karhutla mengikuti rapat koordinasi awal penanggulangan bencana Karhutla di kantor BPBD Provinsi, Sabtu (30/03).

Rakor awal ini merupakan tindak lanjut dari penetapan Status Siaga Darurat Penanganan Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan di Kalimantan Barat yang telah di tetapkan oleh Gubernur Kalbar H. Sutarmiji pada tanggal 12 Februari 2019 yang lalu.

Turut menghadiri Rakor awal penanggulangan bencana Karhutla, Kepala BPBD Prov Kalbar selaku sekertaris Satgas, Kolonel Arh Made Suryawan selaku LO BNPB, Kolonel Inf Asep Akhmad Hidayat Kasi Ops Rem 121/Abw, Letkol Arm Anom Wirasunu Dandim 1201/Mph, Letkol Arm Victor Jacop Lopulalan Dandim 1202/Skw, jajaran pengurus BPBD Kalbar dan personil satgas lain dari Manggala Agni, BMKG dan MPA Kalbar.

Danrem 121/Abw Brigjen TNI Bambang Trisnohadi mengapresiasi Rakor awal siaga darurat bencana ini sebagai langkah strategis yang direncanakan agar semua satuan tugas bisa bekerja maksimal sesuai dengan tugas pokok masing-masing.

Danrem 121/Abw menegaskan, tahun ini upaya pencegahan karhutla menjadi fokus utama semua daerah dengan melibatkan berbagai pihak.

“Kita mengharapkan karhutla pada 2018 tidak terulang. Saat ini pencegahannya kita perkuat bukan saat sudah terjadi kebakaran,” katanya.

Danrem 121/Abw juga menjelaskan, perlu kerja sama semua pihak agar pencegahan ini berjalan baik, di mana dari pemda setempat dapat menganggarkan dana karhutla ini, baik pencegahan penanggulangan bahkan pasca nantinya.

“Data BMKG sudah menunjukan saat ini mulai mendekati musim kemarau, dan mengingat luasnya cakupan wilayah penanggulangan bencana, tanggung jawab tidak hanya oleh pemerintah Provinsi namun juga pemerintah daerah Kabupaten/Kota dalam semangat membangun kemandirian daerah dalam penanggulangan bencana,” tukasnya. (Bny)

error: Content is protected !!