Sekilas Info

Pangdam XII/Tpr: Mewujudkan Desa Mandiri Sebagai Pangkal Perlawanan

PONTIANAK I SenentangNews.com- Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi mengatakan Kodam XII/Tpr berkomitmen mendukung penuh program Desa Mandiri yang dicanangkan oleh Gubernur Kalbar Sutarmidji.

Menurut Pangdam XII/Tpr Desa Mandiri memiliki peranan sangat penting membantu TNI dalam mewujudkan sistem pertahanan dan keamanan di bumi Khatulustiwa ini.

"Sesuai dengan sistem pertahanan yang dianut negara Indonesia yakni defensif aktif atau perang semesta maka Desa akan menjadi Pangkal Perlawanan," kata Pangdam XII/Tpr saat menjadi menjadi narasumber dalam acara sosialisasi Memaksimalkan Peran Serta Dunia Usaha Dalam Upaya Percepatan Pembentukan Desa Mandiri di Ballroom Hotel Kapuas Palace, Pontianak, Kamis (21/3).

Masih kata Pangdam, Desa sebagai Pangkal Perlawanan memiliki beberapa syarat yang dibutuhkan yaitu tersedianya sumber logistik wilayah, jalan pendekat, tenaga kesehatan, pangkalan tersedia, maupun sarana perhubungan dan angkutan.

"Dengan adanya Desa Mandiri, syarat-syarat Desa Sebagai Pangkal Perlawanan akan bisa terpenuhi. Sehingga negara Indonesia tidak akan pernah bisa dikuasai oleh siapapun juga,"beber Pangdam.

Penyiapan menuju desa mandiri lanjut Pangdam diperlukan partisipasi serta dukungan dari semua pihak. Baik itu pemerintah propinsi, kabupaten maupun pelaku usaha sehingga pencapaian desa mandiri di Kalbar bisa semakin bertambah.

"Tidak bisa pemda sendiri perlu partisipasi dari seluruh komponen dan elemen masyarakat, untuk itulah mari kita rapatkan barisan untuk membangun Kalbar lebih baik lagi," pungkasnya. (Bny)

error: Content is protected !!