Sengketa Tapal Batas Antara Desa Padak dan Tapang Pulau Selesai

308

SEKADAU | SenentangNews.com – Sengketa tapal batas antar dua desa yakni desa Padak kecamatan Belitang dan Desa Tapang Pulau kecamatan Belitang hilir. Kendati sudah lama sengketa namun kedua desa telah sepakat untuk menentukan tapal batas Selasa (19/3)kemarin.

Hal ini di katakan oleh Saut Parulian camat Belitang kepada awak media kemarin.

Menurut camat,sengketa dua desa beda kecamatan yakni Desa Padak Kecamatan Belitang yang berbatasan dengan Desa Tapang Pulau Kecamatan Belitang Hilir akhirnya di sepakati.

Sehinga sebagai bentuk kesepakatan tersebut kedua desa melakukan syukuran yang dihadiri oleh kedua camat dan unsur Forkompinka di SP III Kebaong Selasa (19/3) kemarin.

“Syukuran di SP. 3 Kebaong sebagai salah satu bentuk kesepakatan secara simbolis terhadap masalah Tapal batas antar desa dan batas antar dua kecamatan,” kata Camat.

Dengan begitu kata dia lagi, setelah selesainya tapal batas, harapannya akan terjadi percepatan pembangunan di wilayah Kecamatan Belitang,dan Desa Padak juga dapat membangun daerah yang selama ini selalu menjadi sengketa.

Hadir pula Kasi Tratibum Kecamatan Belitang, Muhtar Minlufi turun langsung ke lokasi untuk memberi patok batas yang juga di hadiri oleh dua Kepala Desa dan dua orang camat pada titik tapal batas yang telah di sepakati, yakni di wilayah SP. 3 Padak.

Yang mana di Desa Padak tepatnya di SP. 3 batas pas di dusun Kebaong yang masuk wilayah Desa Padak.

“Dusun Kebaong adalah sebagai sentra lumbung padi bagi Desa Padak,” katanya.

Sebagai inforamsi kata Camat lagi, masih ada satu desa lagi didua kecamatan tersebut,yang belum menyepakati tapal batasnya, yakni Desa Belitang Satu dan Desa Entabuk, ungkapnya. (Sutarjo)