Sekilas Info

Bupati Hadiri Panen Perdana PT SBS

SEKADAU | SenentangNews.com -
Perseroan Terbatas (PT) Sumber Berkat Sekawan (SBS) yang bergerak dibidang pertaniaan yakni Padi, melakukan panen perdana di dusun Entada desa Boka Sebunbum Kecamatan Sekadau hilir kabupaten Sekadau Jumat (1/3) melakukan panen perdana padi.

Dalam sambutannya direktur utama PT. SBS Hasto mengatakan bahwa panen perdana ini sebagai hasil kerjasama pihaknya dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perternakan dan Perikanan kabupaten Sekadau untuk meningkatkan produksi beras di kabupaten Sekadau sebagai bentuk implementasi citanawa pemerintah pusat, yakni swasembada pangan.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas dukungan terhadap kegiatan ini," ucap Hasto.

PT.SBS kata dia,telah melakukan uji coba tanam dengan hasil yakni 3.85 ton perhektare dari target 6.0 ton perhektare, hasil ini memang kurang memuaskan, salah satu faktor penyebab tidak tercapainya target adalah adanya lahan puso,dan masih tingginya hama dan penyakit ynag menyerang tanaman.

Untuk penambahan percetakan kendalanya adalaha air.

"Apabila air kurang maka untuk mencetak lahan sawah terkendala.Mari kita berkarya untuk negeri,melalui karya kita dibidang pertanian, ajaknya.

Sementara itu Sandae Kadis DKP3 kabupaten Sekadau dalam sambutannya mengatakan,kehadiran PT.SBS di kabupaten Sekadau sangat membantu pemerintah,karena kalau mengharapkan pemerintah, untuk mencetak sawah seperti ini kita tidak bisa cepat, kami menganjurkan agar masyarakat bisa bekerjasama dengan PT.SBS.

"Saya berharap agar PT.SBS bisa mengembangkan jenis beras merah atau beras hitam,sebab jenis beras tersebut memiliki nilai ekonomis tinggi,"saranya.

Sementara itu bupati kabupaten Sekadau Rupinus dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT.SBS.

"Sangat jarang investor yang mau menanamkan investasinya di bidang pangan,karena untungnya sedikit, yang banyak peminatnya adalah investasi kebun sawit,karena untungnya banyak,"ucap bupati.

Dibidang pangan sambungnya, menurut catatan dari dinas pertanian provinsi kalimantan barat, kabupaten Sekadau sudah surplus beras,produksi kita dalam satu tahun sudah cukup untuk 13 bulan.

"Saya berharap kita bisa menjual beras kita ke luar," harapnya.

Hadir pada kegiatan tersebut,Pastor Paroki Sekadau Kristianus CP, Kapolres Sekadau, perwakilan Dandim 1204 Sanggau-Sekadau,perwakilan dari Dinas pertanian Provinsi Kalbar, Danramil Sekadau hilir, Camat Sekadau Hilir dan sejumlah pejabat OPD di lingkungan Pemda kabupaten Sekadau. (sutarjo)