Sekilas Info

DPD POM Bersama Raja Sekadau Kunjungi Belitang

SEKADAU | SenentangNews.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPP) Persatuan Orang Melayu (POM) Minggu (17/2) bertatap muka dengan warga Belitang dikediaman H. Sujono ketua DPC POM Kecamatan Belitang.

Pertemuan tersebuy dihadiri oleh sejumlah 56 orang pengurus POM Sekadau dan pengurus POM kecamatan Belitang, hadir pula Raja Sekadau Pangeran Agung Gusti Muhammad Effendi Sri Negara II.

Dalam sambutannya ketua DPD POM Kabupaten Sekadau Gusti Muhammad Yani menjelaskan, bahwa kegiatan ini adalah program kunjungan kerja yang kedua yaitu Belitang dan Belitang Hilir.

"Yang mana sebelumnya pada kunjungan sebelumnya kami kunjungi wilayah pengurus POM kecamatan Sekadau Hulu, Nanga Taman dan Nanga Mahap," ungkap Yani.

Yani menjelaskan mengenai maksud dan tujuan kunjungan DPD POM Sekadau dalam rangka kunjungan kerja,guna menjalin ukhuwah islamiah dan tali silaturahim kepada setiap DPC - DPC yang ada di Kabupaten Sekadau.

"Kunjungan ini juga sekaligus pemberian SK kepengurusan POM untuk masing-masing DPC," ucapnya.

Dikatakan dia lagi, ada sejumlah agenda program kerja terkait kegiatan POM kedepan, juga dibahas dalam pertemuan internal tersebut tadi,katany.

Sementara itu Pangeran Agung Gusti Muhammad Effendi Sri Negara II Raja Sekadau dalm papaaranya mengatakan, bahwa dirinya turut diundang dalam pertemuan terbatas ini.

Dirinya sangat mengapresiasi sekali kegiatan ormas yang bergerak dalam pelestarian adat istiadat dan kebudayaan setempat.

"Kebetulan saya di POM duduk sebagai penasehat, terkait kegiatan ini tentu saya sangat menberikan apresiasi dan saya juga sekali sekaligus berterima kasih karena POM bisa menghargai kedudukan saya disini selaku penasehat organisasi,ucap Raja.

Dijelaskannya lagi,bahwa dalam hal ini Kerajaan Sekadau selaku pengayom dan penjaga adat istiadat serta kebudayaan turut andil membantu pemerintah untuk melestarikan kebudayaan yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kebudayaan dan adat istiadat perlu untuk dikembangkan dan saya bersyukur karena POM hadir ikut membantu menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada dan bernilai positif ini. Hendaknya budaya asing yang dari luar itu kita bendung,"ujarnya

Ia juga berpesan kepada para generasi muda untuk tidak melupakan adat istiadat dan kebudayaan, karena didalamnya terdapat etika, norma - norma, sopan santun dan adat istiadat.

Bahkan kata dia lagi, bukan tidak mungkin Negara kita akan kuat dan disegani oleh negara lain karena kita mampu menjaga dan melestarikan kebudayaan kita yang beraneka ragam.

Salah satu tugas POM adalah untuk menjaga dan melestarikan adat istiadat.

"Mari kita bangun kebudayaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia agar negara kita disegani oleh negara lain," tutupnya. (sutarjo)

error: Content is protected !!