Sekilas Info

Di Sintang RS Sudah Terakreditasi, Guntur: Harus Dibarengi Peningkatan Pelayanan

Ilustrasi

SINTANG | SenentangNews.com- Tahun ini bagi masyarakat yang ingin berobat ke rumah sakit milik pemerintah maupun swasta menggunakan BPJS harus meronggoh kocek. Pasalnya, BPJS Kesehatan akan memutus kontrak layanan kesehatan yang tak terakreditasi.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sintang, Agus Supratman mengatakan bahwa menindaklanjut kesepakatan Kemenkes dengan BPJS bahwa pihaknya telah menerapkan akreditasi tersebut.

“Iya sudah kita lakukan di Sintang ini. Ini semua berkaitan dengan standar oprasional prosedur (SOP),”katanya.

Agus mengatakan khusus di Kabupaten Sintang ini, setiap rumah sakit baik swasta maupun milik pemerintah semuanya telah terakreditasi.

“Jadi ini tidak ada masalah khusus di Sintang,”katanya.

Direktur RSUD Ade M Djoen Sintang Rosa mengungkapkan di rumah sakit yang ia pimpin hingga saat ini kontrak kerja dengan BPJS Kesehatan tetap berjalan.

“Khusus di RSUD Ade M Djoen Sintang kontraknya diperpanjang tiap tahun,”kata Rosa.

Rosa mengatakan khusus untuk tenaga dokter di RSUD M Djoen Sintang STRnya pun sudah dinytakan lengkap sesuai kualifikasnya.

“Ini juga arahan dari Menteri kesehatan bahwa setiap RS yang melayani BPJS harus sudah terakreditasi,”jelasnya.

Terpisah Anggota DPRD Sintang Honoratus Guntur menyambut baik kebijkan menteri kesehatan yang menyatakan setiap RS yang bekerjasama dengan BPJS harus terakreditasi.

“Ini terobosan yang baik menurut saya,”kata Guntur.

Meskipun kebijakan yang dibuat Kemenkes tersebut dinilai baik, namun politisi Nasdem ini mengaku bahwa jika ada pemutusan kerjasama hanya gara-gara belum terakreditasinya RS yang berujung pada pasien BPJS tak bisa dilayani hal tersebut kurang tepat.

“Jangan karena belum terakreditasi RS lalu ada penelantaran bagi pasien BPJS itu sendiri tentu ini melanggar undang-undang kesehatan,”jelasnya.

Anggota Komisi C DPRD Sintang yang membidangi masalaha kesehatan ini juga berharap dengan diberlakukannya kebijakan tersebut tentu dibarengi dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang ingin berobat.

“Intinya harus ada peningkatan pelayanan kesehata bagi masyarakat di Sintang ini,”tukasnya (beny)

error: Content is protected !!