Resmikan Sanimas, Jarot Harap Kesehatan Masyarakat Meningkat

204
Bupati Sintang meresmikan Sanitas Berbasis Masyarakat (SANIMAS) yang terletak di Kelurahan Mekar Jaya, Kecamatan Sintang.

SINTANG | SenentangNews.com – Bupati Sintang, Jarot Winarno meresmikan SANIMAS, yaitu sanitasi yang berbasis masyarakat yang berada di wilayah Kelurahan Mekar Jaya, Kecamatan Sintang, Rabu (9/1).

Pada kesempatan ini, Jarot mengungkapkan bahwa masalah kesehatan merupakan urutan kedua masalah yang harus diselesaikan setelah masalah kemiskinan. Salah satu permasalahan kesehatan tersebut adalah masih adanya sanitasi masyarakat yang tidak baik.

“Untuk fasilitas penunjang kesehatan sudah cukup maksimal. Hanya saja, dibidang kesehatan lingkungan kita masih kurang karena di Sintang masih ada 39 persen sanitasi yang kondisinya kurang baik,” ujarnya.

Jarot mengatakan sanitasi yang tidak baik tentu berdampak buruk bagi kesehatan warga masyarakat setempat.

“Sanitasi yang tidak baik dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti diare, tipes dan beberapa penyakit lainnya,” ucapnya.

Untuk itu, Jarot mengapresiasi adanya SANIMAS yang telah menggunakan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).

“Jika ditambah dengan Instalasi Pengelolaan Limbah Tinja tentu akan lebih baik. Nantinya limbah tersebut dapat diolah untuk membuat hidroponik di daerah ini,” tuturnya.

Kepala Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Pemukiman Provinsi Kalimantan Barat, Ridwan Kristian Manik mengungkapkan program SANIMAS ini merupakan salah satu program yang mendorong akses sanitasi yang baik dan berkualitas.

“Program ini akan terus berkelanjutan, sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya air dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperilaku sehat,” katanya.

Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat Al-Hidayah, Badaruddin menyampaikan bahwa pembangunan SANIMAS ini menggunakan dana APBN sebesar 500 juta rupiah.

“Pembangunan dimulai Bulan Juli 2018 dan selesai bulan November 2018 dengan IPAL komunal berukuran 10 x 3 meter,” tukasnya. (Hms/Uli)