KPU Terbantu Oleh Media

564

SINTANG I SenentangNews.com-Memanfaatkan momen akhir tahun, KPU Kabupaten Sintang menggelar media gathering di Cafe Dhea, Rabu (19/12).

Acara yang dikemas secara sederhana tersebut dihadiri Kabag Humas Pemda Sintang Kurniawan, Ketua KPU Sintang Hazisah, para komisioner serta sejumlah awak media.

Ketua KPU Kabupaten Sintang Hazisah mengutarakan keberadaan media massa dianggap menjembatani kebutuhan KPU untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menuju bilik suara.

Hazisah pun berharap pada pileg dan pilpres mendatang, media massa bisa membantu tahapan kampanye dengan menginformasikan kepada masyarakat. Terutama, saat hari pencoblosan 17 April mendatang. 

“Kami tidak bisa menjangkau semua untuk menginformasikan kepada masyakat. Maka dari itu, peran media sangat dibutuhkan untuk mengingatkan kepada masyarakat pada hari pencoblosan,”jelas Hazisah.

Komisioner KPU Sintang Sutami mengutarakan keberadaan media massa dalam mengawal pemilu sangat penting.

“Pesan-pesan demokrasi tidak mungkin sampai kalau media tidak menjadi penghubung kami dengan publik,” terang Sutami.

Terpisah Kabag Humas dan Protokol Setda Sintang, Kurniawan menyambut baik kegiatan yang digelar oleh KPU Sintang.
Menurut Kurniawan tahun mendatang adalah tahun kompleksitas mengingat adanya Pemilu serentak yaitu Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif.

“Tahun mendatang adalah kompleksitas yang sangat membutuhkan citra pemilu aman, damai, netral dan sekaligus bermanfaat. Jika citra itu tidak terbangun maka kesuksesan pemilu jadi pertaruhan. Citra itu dapat dibentuk dengan adanya peran pers. Media adalah kekuatan keempat dari demokratis,” ujarnya.

Untuk itu, Kurniawan berharap kegiatan ini dengan harapan mampu memberikan informasi kepada warga masyarakat melalui media. Penyampaian informasi tersebut merupakan peran penting bagi media karena media juga harus menyampaikan edukasi kepada publik.

“Ada banyak hal yang harus disampaikan KPU kepada warga masyarakat dengan jembatannya adalah media. Semuanya ini simbiosis mutualisme, syaratnya ada dua yaitu KPU harus terbuka dan Media harus netral serta independen,” tuturnya.

Sementar itu Paur Humas Polres Sintang Ipda Baryono berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan antara KPU Dan Media masa.

Selain itu lanjutnya pihaknya juga mengajak rekan media untuk mensukseskan pemilu Yang damai Dan sejuk sehingga pada pecoblosan 17 April mendatang bisa berjalan lancar.

“Kita berharap rekan media bisa mencounter setiap pemberitaan di medsos yang menyesatkan sehingga pesta demokrasi mendatang tidak tercidrai, “tutupnya. (Bny)