Sekilas Info

Perkebunan Kelapa Sawit Masih Sektor Utama, di Sintang Pajak Baru Terealisasi 73 Persen

SINTANG | SenentangNews.com- Perkebunan Kelapa Sawit menjadi sektor yang cukup menjanjikan bagi Kabupaten Sintang terutama dari sisi pendapatan perpajakan.

Sebab, sampai Desember 2018, realisasi pajak di Sintang baru mencapai 73 persen dari yang ditargetkan sebesar Rp 848 milyar.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sintang Subandono Racmadi menyebutkan meski belum menyentuh dari target yang ditetapkan, pihaknya masih akan terus mengenjot target pajak dari sektor perkebunan kelapa sawit.

“Seperti kita ketahui selama ini sektor perkebunan kelapa sawit agak melambat yang berimbas terhadap penerimaan pajak,”jelasnya.

Menurut Racmat jika berkaca dari tahun lalu, sektor perkebunan kelapa sawit sudah menyumbang 50 persen. Namun demikian secara regional di Kalbar memang serupa terjadi.

“Seluruh KPP di kalbar memang menurun ini diakibatkan ekonomi global saat ini yang menurun dari sektor perkebunan kelapa sawit,”jelasnya.

Dikatakannya harga sawit tahun lalu dirata-rata mencapai 1200 rupiah perkilonya tetapi ditahun 2018 ini harganya dibawah seribu rupiah.

“Tentu ini sangat berpengaruh kepada penerimaan pajak. Belum lagi musim penghujan sekarang ini tentu ini berdapak sekali,”tandasnya.

Tetapi sambungnya kesadaran masyarakat membayar pajak di Kabupaten Sintang ternyata cukup tinggi. Ini dibuktikan dengan target pendapatan pajak yang telah ditentukan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sintang terpenuhi.

“Buktinya saja tahun 2017 pendapatan pajak yang kita targetkan dapat terpenuhi," tukasnya. (bny)

error: Content is protected !!