ANGIN SEGAR…Empat Kecamatan Baru di Sintang Diverifikasi Kemendagri

689

SINTANG | SenentangNews.com- Pemerintah Kabupaten Sintang terus mematangkan rencana pemekaran kecamatan. Rencananya, dari 14 kecamatan yang ada bakal dimekarkan lagi menjadi 4 kecamatan baru dari 20 Kecamatan baru yang diusulkan.

Bupati Sintang Jarot Winarno menyampaikan bahwa pemekaran wilayah di Kabupaten Sintang tercantum dalam penggerak utama (prime mover) pembangunan daerah RPJMD 2016-2021.

“Sesuai dengan prime mover Pemerintahan kami bahwa ada 6 program penggerak utama pembangunan dan salah satunya adalah pemekaran dan penataan wilayah,”kata Jarot dalam kegiatan Verifikasi Faktual usulan Kecamatan bersama Kepala Sub Direktorat Kecamatan Kementrian Dalam Negeri, Kamis (06/12) di Pendopo Bupati Sintang.

Menurut Jarot rencana pemekaran kecamatan ini diseriusi, mengingat wilayah geografis Sintang begitu luas dan sudah selayaknya dimekarkan lagi.

“Makanya kita melakukan verifikasi faktual hanya 4 kecamatan baru, yaitu Kecamatan Inggar, Kecamatan Tontang, Kecamatan Sintang Barat, dan Kecamatan Bukit Mangat”, jelas Jarot.

Kepala Sub Direktorat Kecamatan Kementerian Dalam Negeri, Budi Santoso Sudarmadi mengatakan bahwa pemekaran 4 Kecamatan baru yang ada di Kabupaten Sintang bisa terealisasi itupun jika syarat terpenuh semuanya.

“Syaratnya pertama tuntaskan dulu batas wilayah antara Kecamatan induk dan Kecamatan baru, kedua syarat dasar, ketiga syarat teknis, dan keempat syarat administrasi,” kata Budi.

Menurut Budi, pemekaran wilayah Kecamatan ini tidak ada batasan waktu yang ditentukan jika persyaratannya terpenuhi semuanya.

“Untuk jangka waktu itu tidak ada, kalau persyaratan sudah terpenuhi akan kita proses,”tegasnya. (bny)