LPG 3kg di Serawai Langka, Sudirman : Kami Akan Carikan Solusi

149
Sudirman

SINTANG | SenentangNews.com – Kelangkaan LPG (Liquefied Petroleum Gas) subsidi tiga kilogram di Kecamatan Serawai membuat masyarakat khususnya kaum emak angkat suara.

“Disini hanya ada satu saja pangkalan LPG. Kalau mau beli pasti sudah habis, di toko-toko juga sulit ditemukan. Balik pakai kayu bakar lagi kami nih,” ujar salah satu warga Serawai yang enggan disebutkan namanya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Sintang mengungkapkan bahwa kelangkaan LPG Subsidi tiga kilogram di daerah tersebut dikarenakan pemakai yang tidak sebenarnya.

“Memang benar terjadi kelangkaan. Itu adalah LPG Subsidi yang diperuntukkan untuk orang yang tidak mampu namun yang menggunakan lebih banyak yang mampu sehingga ini bisa menyebabkan salah satu kelangkaan LPG tersebut,” ujarnya ketika dihubungi via telepon selular, Selasa (26/11).

Untuk pendistribusian LPG di daerah Serawai, lanjut Sudirman, dilakukan oleh agen yang terletak di Sungai Tebelian dengan empat kali pendistribusian gas selama satu bulan.

“Artinya, setiap minggu hanya satu kali pendistribusian yaitu sebanyak 500 tabung. Tentunya ini tidak bisa memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat disana, apalagi penggunaan LPG Subsidi ini terbatas dan hanya diperuntukkan bagi yang tak mampu,” tuturnya.

Meskipun demikian, Sudirman mengaku akan mencarikan solusi yang bagi warga masyarakat Kecamatan Serawai agar bisa memenuhi kebutuhan akan LPG tersebut.

“Kami akui memang kuotanya masih kurang dan akan terus kami carikan solusinya seperti mengusulkan penambahan kuota dan berkoordinasi dengan pihak Pertamina,” tukasnya. (Uli)