PAK KADES…Pencairan Tahap Ketiga, Ini Lho Syaratnya

627
Kepala DPMPM Kabupaten Sintang, Herkulanus Roni

SINTANG | SenentangNews.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPM) Kabupaten Sintang mewajibkan Kepala Desa untuk melampirkan foto kegiatan fisik yang dilakukan di desa tersebut jika ingin melakukan pencairan Dana Desa tahap tiga tahun 2018.

“Untuk pencairan Dana Desa sudah bisa dilakukan, namun kami mewajibkan untuk melampirkan foto dari fisik yang sudah dikerjakan di desa tersebut sehingga kami bisa menilai apakah dana tersebut layak atau tidak dicairkan,” ujar Kepala DPMPM Kabupaten Sintang, Herkulanus Roni ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (30/11) kemarin.

Roni mengungkapkan bahwa pelampiran tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir adanya pekerjaan
fiktif. Hal tersebut mengingat jumlah desa di Kabupaten Sintang yang cukup banyak sehingga sulit jika melakukan pengawasan diseluruh desa.

“Ada 391 desa, kalau harus pergi kesemua desa untuk mengeceknya tentu kami akan mengalami kesulitan. Dengan adanya pelampiran foto maka kami dapat melihat sejauh mana pengerjaan fisik di desa tersebut. Jika mereka curang dengan menampilkan foto bukan pekerjaan fisik tersebut, maka mereka tahu konsekuensinya, yaitu terjerat hukum,” ucapnya.

Markus Jembari

Terpisah Anggota DPRD Sintang Markus Jembari meminta aparatur pemerintah desa untuk mematuhi syarat pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang telah ditetap oleh DPMPM Sintang.

Dengan memenuhi syarat yang disampaikan itu, Markus berharap kepala desa (Kades) dan aparaturnya tidak terganjal dalam pencairan ADD serta DD. Kemudian untuk mencegah terjadi kesalahan administrasi yang bisa menyebabkan permasalahan hukum.

“Kita ingatkan agar semua desa memenuhi syarat untuk cairkan ADD maupun DD, agar tidak ada persoalan hukum yang timbul di kemudian hari,” kata Politisi Demokrat ini. (uli/red)