Sekilas Info

Dewan Sintang Nasehati Pemerintah, Terkait Nota Keuangan RAPBD 2019

Fraksi PKPI Menyampaikan Pandangan Umumnya Pada Rapat Paripurna, Senin (5/11)

SINTANG | SenentangNews.com- Menanggapi Nota Keuangan RAPBD tahun anggaran 2019 oleh bupati Sintang beberapa waktu lalu, DPRD Sintang melalui fraksi-fraksi menyampaikan pandangan umum dalam Rapat Paripurna ke-16 di Gedung DPRD Sintang, Senin (5/11).

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward didampingi Wakil Ketua DPRD Terry Ibrahim dan Sandan juga dihadiri wakil bupati Sintang Askiman, Kepala OPD serta anggota dewan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut seluruh fraksi di DPRD Sintang menyampaikan beberapa cacatan serta masukan kepada pemerintah daerah Sintang terhadap RAPBD tahun anggaran 2019.

Seperti yang disampaikan Fraksi PDI Perjuangan melalui juru bicaranya Agustinus mengungkapkan, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian diantaranya usulan program dan kegiatan yang berasal dari aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui DPRD, untuk lebih diperhatikan dan diprioritaskan.

“Karena dari tercapainya usulan tersebut, menjadi penilaian masyarakat terhadap pemerintah dan bisa meningkatkan elektabilitas Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Fraksi PDI Perjunagan meminta kepada pemerintah daerah Sintang untuk meningkatkan progres rumah betang tampun juah mengingat selama ini pengerjaannya belum dilanjutkan.

“Kami minta supaya pemerintah lebih fokus mengerjakan rumah betang ini mengingat tahun depan adanya iven berskala daerah,”jelasnya.

Terhadap turunnya PAD Kabupaten Sintang, Fraksi Demokrat melalui juru bicaranya Markus Jembari mengingatkan kepada pemerintah untuk dapat jeli melihat potensi-potensi daerah untuk digali kembali.

“Kita minta Pemerintah untuk getol supaya kedepannya PAD Sintang bisa mengalami peningkatan,”jelasnya.

Sementara itu Fraksi Golkar melalui juru bicaranya Melkianus mengapresiasi pembangunan jembatan ketungau II yang telah dibangun oleh pemerintah daerah Sintang. Menurut Melkianus Jembatan tersebut sangat dirindukan masyarakat ketungau untuk akses barang dan jasa.

Percepatan pembangunan infrastrutkur dasar, pendidikan, kesehatan, jalan, serta ketahanan pangan menjadi penekanan Fraksi PKP Indonesia.

Terkait beberapa catatan yang disampaikan wakil rakyat, Wakil bupati Sintang Askiman mengatakan, akan menyusun hasil pandangan umum fraksi-fraksi untuk ditindaklanjuti dan dibahas bersama. "Besok akan kita memberikan tanggapan,”tukasnya. (bny)