Sekilas Info

Dipelopori Kades dan Tomas, Warga Binjai Hilir Gotong Royong Perbaiki Jalan dan Jembatan

Warga Binjai Hilir dipelopori oleh Flasidius Birin dan Yusuf secara swadaya bergotong royong memperbaiki jalan.

BINJAI HULU | SenentangNews.com- Sejak bulan September hingga awal bulan November ini, setidaknya sudah sembilan kali warga desa Binjai Hilir Kecamatan Binjai Hulu bergotongroyong memperbaiki kerusakan jalan dan jembatan. Kegiatan yang melibatkan puluhan warga Binjai Hilir ini, dipelopori oleh Kepala Desa (Kades) Binjai Hilir, Flasidius Birin dan seorang tokoh masyarakat Binjai Hilir, Yusuf.

Flasidius Birin menjelaskan, bahwa selamadua bulan lebih ini sudah ada lima titik jalan yang berhasil diperbaiki. Semua berada di ruas Sintang – Ketungau dalam Desa Binjai Hilir dan pada titik-titik yang kondisinya rusak parah. Bahkan kendaraan double gardan pun kesulitan untuk dapat melalui beberapa titik kerusakan ini.

“Untuk sementara ini ada lima titik yang rusak berat. Jika musim hujan tiba, pasti akan bertambah banyak lagi. Dalam kegiatan ini, baik tenaga kerja maupun semua material yang diperlukan sampai jenis material paku, adalah murniswadaya masyarakat setempat,” jelas Birin kepada SenentangNews.com, Senin (5/11/2018).

Suasana kegiatan gotong royong da salah-satu titik kerusakan jalan.

Saat ditanya apakah ada perusahaan yang turut membantu, mengingat ruas jalan ini juga dilalui oleh sejumlah perusahaan perkebunan yang ada di wilayah Ketungau. Menurut Birin, pernah ada sebuah perusahaan yang membantu material papan. Mungkin karena kerusakan sudah demikian banyak, mereka tidak mau membantu lagi.

Hal tersebut dibenarkan oleh Yusuf, bahwa selama ada kegiatan gotongroyong ini baru ada satu perusahaan yang membantu. Itu pun hanya sekali dan setelah itu tidak bersedia lagi. Di Binjai Hilir konsentrasi pada perbaikan badan jalan, dan masih berjalan hingga hari ini. Di wilayah dekat tower seluler ada perbaikan bangunan jembatan.

“Setidaknya sudah ada empat buah jembatan yang berhasil diperbaiki.Wilayah dekat tower ini sebetulnya masuk wilayah Desa Mensiku. Namun yang sangat berkepentingan dengan sejumlah jembatan ini adalah warga Binjai Hilir.,” kata Yusuf. (lcs)