Sekilas Info

Pemkab Sekadau Apresiasi Kepedulian PT. Agro Andalan

Sandae ditemani pihak perusahaan, saat meninjau Jalan Kayu Lapis pada ruas yang diperbaiki oleh PT. Agro Andalan

SEKADAU | SenentangNews.com - Pemerintah Kabupaten Sekadau memberikan apresiasi terhadap upaya perbaikan jalan Kayu Lapis oleh PT. Agro Andalan. Juga atas dibangunnya pabrik kelapa sawit (PKS) milik perusahaan tersebut yang terletak di Kabupaten Sekadau.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau, Sandae, usai meninjau fisik pembangunan jalan kayu lapis KM 8-20 di Kecamatan Sekadau Hulu, Sabtu (22/10/2018). Peninjauan ini kemudian dilanjutkan dengan melihat perkembangan pembangunan PKS PT Agro Andalan yang terletak di Desa Setawar.

"Kami memberikan apresiasi kepada PT. Agro Andalan atas peran dan kepeduliannya dalam perbaikan dan pelebaran badan jalan Kayu Lapis ini. Sehingga akses transportasi ini dapatbermanfaat dan mudah digunakan oleh masyarakat sekitar," kata Sandae kepada awak media.

Jalan Kayu Lapis yang membentang di Kecamatan Sekadau Hulu tersebut, merupakan jalan non status yang sering dilalui masyarakat. Jalan tersebut awalnya merupakan milik perusahaan PT. Kayu Lapis yang sekarang sudah tidak beroperasi lagi. PT Agro Andalan, melalui dana tanggung jawab sosial, membantu memperbaiki jalan tersebut sehingga dapat digunakan oleh masyarakat sekitar.

Masih menurut Sandae, keberadaan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Sekadau ini memiliki peran yang cukup strategis. Utamanya dalam membantu Pemerintah Daerah dalamupaya meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Khususnya melalui program-program pengembangan ekonomi dan tanggung jawab sosial yang dilakukan perusahaan.

Sementara itu dalam kunjungannya ke PKS milik PT. Agro Andalan, Sandae juga melihat dari dekat perkembangan pembangunan pabrik yang saat ini progres fisiknya telah mencapai sekitar 40 persen. PKS tersebut memiliki kapasitas produksi 30 ton Tandan Buah Segar (TBS) per jam, dan dapat ditingkatkan menjadi 60 ton per jam. Dan diharapkan segera beroperasi pada semester II tahun 2019 nanti.

Terpisah, Ketua Adat Desa Setawar, Bengki, mengatakan bahwa sejak awal masyarakat sangat mendukung pendirian PKS tersebut. Keberadaan PKS inidiyakini akan memberikan dampak terhadap penciptaan lapangan kerja, dan dapat membantu petani kelapa sawit di desa tersebut dalam menjual hasil produksinya.

"Kami berharap PKS yang dibangun ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar area perkebunan. Khususnya untuk para petani kelapa sawit, sesuai dengan janji perusahaan untuk bekerja sama dengan para petani lokal di sekitar area perkebunan," tutur Bengki.

Selain itu, kata Bengki, PT. Agro Andalan sudah membuktikan janjinya tersebut untuk mempekerjakan tenaga kerja lokal di PKS ini. Itu ditunjukkan dengan pemberian beasiswa kepada beberapa siswa SMK/SMA yang merupakan putra daerah Sekadau untuk menuntut ilmu di Insttitut Pertanian Stiper (Instiper) Yogyakarta.

“Mereka yang mendapat beasiswa ini, setelah lulus nantinya akan dipekerjakan di PKS milik PT. Agro Andalan,” pungkas Bengki. (lcs)

error: Content is protected !!