Sekilas Info

Infrastruktur Masih Dominasi Keluhan Masyarakat

KAYAN HILIR | SenentangNews.com - Menurut Anggota Komisi B DPRD Sintang, Hikman Sudirman, selama puluhan kali dirinya mengunjungi konstituen, kondisi infrastruktur jalan dan jembatan masih mendominasi keluhan masyarakat. Laporan ini disampaikan Hikman Sudirman saat ditemui dikediamannya, Senin (15/10/2018).

Menjawab pertanyaan SenentangNews.com Politisi dari Partai Demokrat ini memaparkan bahwa kedepan masih banyak yang harus menjadi prioritas. Antara lain, peninggian elevasi badan jalan ruas Nanga Tikan - Pakak yang rawan banjir; Jembatan Sungai Inggar di desa Neran Baya; dan Jembatan Sungai Inggar di dusun Lubuk Leban desa Sungai Sintang.

Ketika ditanya tentang jaringan listrik PLN, utusan dari Dapil Kayan Hulu dan Kayan Hilir ini mengisahkan bahwa di Kayan Hilir ada yang aneh. Contohnya di desa Buluk Jegara dan desa Buluk Panjang. Kedua desa ini dikelilingi oleh desa-desa yang telah ada jaringan listrik. Bahkan ketinggalan oleh desa dan dusun-dusun yang terletak jauh dibagian hulunya. Contohnya seperti Jantak, Lekan, Melingkat dan Sungai Buaya yang sudah dimasuki jaringan listrik PLN.

Bahwa betul letak Buluk Jegara dan Buluk Panjang bukan di jalan poros yang menghubungkan Sungai Manan – Pelaik – Lekan – Jantak – Melingkat – dan Sungai Buaya. Posisi kedua desa tersebut berada dibagian kanan desa Pelaik. Namun kearah dua desa tersebut sudah ada akses jalan darat dari berbagai arah, dan jaraknya pun tidak jauh.

“Itulah beberapa kondisi yang harus mendapat perhatian khusus. Dan untuk yang bersifat non fisik, seperti tenaga guru dan tenaga medis, tinggal menambah kekurangan saja. Kemudian tentang jaringan komunikasi selular, hampir di semua desa dan dusun ada tempat-tempat tertentu yang bisa mendapat sinyal. Warga sudah sangat hafal dengan tempat-tempat tersebut,” pungkas Hikman Sudirman. (lcs).

error: Content is protected !!