Sekilas Info

Menuju KLA, Kabupaten Sekadau Terus Berbenah

SEKADAU | SenentangNews.com - Kabupaten Sekadau terus berbenah untuk menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA). Untuk mewujudkan hal itu tentu tidak semudah membalikan telapak tangan, sebab berbagai fasilitas yang memadai harus dipersiapkan. Terutama payung hukum sejenis Peraturan daerah yang akan menjadi payung hukum untuk melindungi anak-anak dari kekerasan.

"Kita akan menyiapkan payung hukum setingkat Peraturan Daerah (PERDA) sebagai regulasi payung hukum untuk melindungi anak-anak dari kekerasan,baik di sekolah maupun di rumah atau di lingkungan tempat mereka bermain," kata Suhardi kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sekadau ketika menbuka acara Hari Anak Nasional (HAN) Sabtu (1/9/18) di gedung Kateketik Sekadau.

Acara yang diperkasai oleh WVI dan bekerjasama dengan DINSOSPPPA, Dinas Pendidikan dan DINKES PP & KB Kabupaten Sekadau bertajuk Hari Anak Nasional FALARI (Forum Anak Lawang Kuari) 2018 Jenius ini berlangsung meriah, dihadiri oleh puluhan anak-anak dari SMP Negri 01 Sekadau, SMP PGRI Sekadau dan anak-anak dari SMP Santo Gabriel Sekadau.

Masih dikatakan Suhardi sebagai KLA, kita harus menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kenyamanan anak, baik dari segi kesehatan, lingkungan dan pendidikan, sampai di sekolah tempat mereka menimba ilmu. Semuanya harus baik dan enak bagi mereka.

Untuk mewujudkan itu lanjut dia, perlu kerjasama antar berbagai instansi terkait. Misalnya Dinas Kesehatan dari segi kesehatan, kemudian dari Dinas Pendidikan tentang pendidikan sedangkan dari dinas lingkungan hidup berkaitan dengan lingkungan, baik lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat mereka bermain.

Sebagai dinas yang berkaitan dengan anak, pihaknya menyambut baik acara ini. Dalam acara pembukaan, Forum Anak Daerah (FAD) juga menyerahkan rekomendasi dan hasil mini riset FAD yang didanai oleh Uni Eropa mengenai Kawasan Tanpa Rokok. Pemerintah daerah merasa terbantu dengan kegiatan yang sangat positif dan bermanfat, bagi kelangsungan program pemerintah terhadap KLA.

"Kegiatan ini sesuai dengan program dan visi dan misi kabupaten Sekadau. Jadi, kami menyambut baik dan akan terus mendukung kegiatan seperti ini," tukasnya. (Tjo)