Sekilas Info

Hindari Pungli, Dewan Minta Perda CSR Dibuatkan Perbup

SEKADAU | SenentangNews.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sekadau, Albertus Pinus mendesak Pemerintah Kabupaten Sekadau untuk segera memberlakukan Peraturan Daerah Nomor 01 Tahun 2017 tentang Corporate Social Responsibility (CSR).

Menurut Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, dengan diberlakukannya Perda CSR akan memberikan dampak positif bagi daerah khususnya bagi masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut.

"Dengan diberlakukannya CSR, maka akan memberikan dampak baik bagi masyarakat setempat," ujarnya ketika ditemui di Gedung Rakyat DPRD Kabupaten Sekadau, Jumat (31/8).

Untuk itu, Ketua DPRD Kabupaten Sekadau berharap Perda CSR dapat segera diberlakukan dengan terlebih dulu menetapkan Peraturan Bupati sebagai acuan bagi pelaksanaan di lapangan.

"Harus ada aturan turunan seperti Peraturan Bupati sebagai acuan pelaksanaan di lapangan. Disana juga nanti ada termuat pembentukan lembaga khusus untuk memungut dan mengelola CSR dari perusahaan yang ada di Kabupaten Sekadau," ucapnya.

Ketua DPRD Kabupaten Sekadau menyampaikan pentingnya lembaga tersebut dibentuk dengan tujuan agar tidak ada pungutan liar dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab

"Jika sudah ada yang mengatur, artinya perusahaan harus memenuhi kewajibannya. Dan, bagi yang tidak tunduk maka akan diberikan sanksi," katanya.

Tak hanya itu, lanjut Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, adanya lembaga khusus tersebut dapat mempermudah masyarakat untuk mengontrol penggunaan CSR perusahaan.

"Jika dibiarkan perusahaan yang mengelola dana CSR maka kita akan sulit mengontrolnya. Jika ada lembaga khusus, maka dapat diaudit, kemana saja dana tersebut digunakan," tukasnya.

Reporter : Sutarjo
Editor      : Yuli Fitriani