Sekilas Info

Perbatasan Perlu Perhatian Lebih

Aktivitas Masyarakat Perbatasan

SINTANG | SenentangNews.com- Anggota DPRD Kabupaten Sintang Melkianus meminta pemerintah untuk memperkuat sistem pengamanan dan keamanan di daerah perbatasan. Pasalnya hingga kini daerah perbatasan masih sangat rentan dengan hal-hal yang negatif.

“Salah satunya perdagaangan obat-obatan yang masih saja marak. Bukan itu saja masyarakat perbatasan masih ketergantungan pada produk malaysia secara otomatis memperkuat posisi ringgit dibanding rupaih,”kata Melkianus.

Contohnya di daerah ketungau hulu kabupaten Sintang. Setiap hari warga didaerah tersebut lebih memilih menggunakan produk malaysia ketimbang indonesia.

“Di daerah perbatasan kita, ada dua mata uang yang berlaku. Dan rata-rata warga lebih menyukai mata uang asing dibandingkan dengan mata uang Rupiah,” jelasnya.

Bagi Politisi ketungau ini, menjadi tugas utama Pemerintah Pusat dan Daerah untuk menyediakan akses yang layak, sekaligus membuka keterisolasian daerah pedalaman perbatasan.

“Pemerintah wajib menyelesaikan infrastruktur jalan dan jembatan yang menghubungkan kecamatan yang ada di Sintang. Keterisoliran daerah kita yang harus dipikirkan,” imbuhnya.

Selain itu juga lanjut Politisi Golkar ini dirinya berharap supaya pemekaran daerah perbatasan bisa menjadi skala prioritas pemerintah pusat. Sebab hingga saat ini semua persyaratan masih menunggu restu mendagri, namun dirinya berharap ada jawaban secepanya.

“Kondisi daerah dan masyarakatnya memang menuntut pemerintah pusat untuk segera memekarkan wilayah tersebut. Jika tidak, bisa mengancam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),”tukasnya. (bny)

error: Content is protected !!