Sekilas Info

Ratusan Warga Ikuti Mancing Mania di Sungai Kapuas

SINTANG | SenentangNews.com - Ratusan masyarakat terlihat memenuhi bantaran Sungai Kapuas untuk turut serta meramaikan HUT Bhayangkara ke-72 tahun 2018 dengan mengikuti Mancing Mania yang diadakan Kepolisian Resort Kabupaten Sintang, Rabu (4/7).

Kapolres Sintang, AKBP Sudarmin mengungkapkan bahwa peserta yang terdaftar mengikuti mancing mania dalam rangka HUT Bhayangkara ke-72 sebanyak 396 peserta dengan spot memancing sepanjang bantaran sungai Kapuas dari Saka Tiga hingga ke Jembatan Kapuas.

"Tadi yang mendaftar ada 396 peserta namu juga ada masyarakat yang langsung turut serta memancing tanpa mendaftar. Jadi, diperkirakan ada 400 peserta lebih yang turut serta memancing di spot sepanjang 500 meter," ujarnya yang turut serta dalam lomba memancing tersebut.

Kapolres Sintang menyampaikan bahwa tak ada kategori khusus yang diberlakukan dalam Mancing Mania ini kecuali peserta tidak diperbolehkan menggunakan speed atau perahu saat memancing.

"Ada banyak hadiah yang kami sediakan dalam perlombaan ini. Ada mesin cuci untuk mendapatkan peserta yang mendapatkan ikan paling besar. Kami juga menyediakan kulkas, sepeda, dispenser, kompor gas dan beberapa hadiah menarik lainnya," ucapnya.

Jika dilihat, lanjut Kapolres Sintang, animo masyarakat untuk mengikuti lomba ini sangat tinggi meskipun lomba memancing di Sungai Kapuas ini merupakan kali pertama digelar.

"Tujuan kita memilih Sungai Kapuas untuk menjadi spot memancing karena tingginya animo masyarakat untuk mengikuti perlombaan tersebut sehingga akan sangat sulit jika dilakukan di tempat pemancing," tuturnya.

Selain itu, Kapolres Sintang juga ingin Sungai Kapuas dapat dijadikan tempat yang representatif untuk memancing, berwisata atau berekreasi. Untuk itu, ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga Sungai Kapuas yang menjadi Ikon Kalimantan Barat.

"Untuk tempat wisata tentu sangat representatif, tak jauh dari Pendopo Rumah Dinas Bupati Sintang. Oleh karena itu, saya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang karena sungai ini merupakan salah satu sumber kehidupan bagi masyarakat setempat," katanya.

Mengenai keamanan, Kapolres Sintang menegaskan bahwa pihaknya telah membuag kepanitian yang didalamnya juga terdapat panitia keamanan. "Pada kesempatan ini, kami ingin mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah bersedia mengijinkan lantingnya digunakan untuk memancing, terlebih lagi ada masyarakat yang suka rela menyediakan minuman," tukasnya. (Uli)