Sekilas Info

Libur Panjang, Ini Tips Mudik Aman

SINTANG | SenentangNews.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, sejumlah masyarakat melakukan tradisi "Mudik" dengan tujuan untuk merayakan hari kemenangan tersebut bersama keluarga dan teman-teman.

Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward mengimbau kepada masyarakat yang melakukan mudik atau akan pergi berlibur ke suatu daerah untuk kerap berhati-hati saat berkendara.

"Liburan cukup panjang, tentu ini menjadi momen yang tepat untuk saling dekat dengan keluarga sehingga ada yang memanfaatkannya untuk Mudik atau berlibur bersama. Saya harap, masyarkat berhati-hati terlebih lagi yang membawa kendaraan sendiri," ujarnya belum lama ini.

Jeffray juga meminta masyarakat untuk membantu aparat keamanan dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat salah satunya dengan tidak memberikan kesempatan kepada pelaku tindak kriminal untuk bertindak, seperti memeriksa keamanan rumah ketika hendak berlibur.

"Jika ingin meninggalkan rumah, maka sebaiknya periksa keamanan rumah seperti melepas selang gas, matikan aliran listrik, pastikan rumah terkunci dengan baik dan simpan barnag berharga di tempat yang aman," ucapnya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak mengabaikan keselamatan dalam berkendara seperti membawa surat-menyurat kendaraan, SIM, dan juga memeriksa apakah kendaraan tersebut layak untuk dikendarai.

"Jika berkendara, jangan lupa periksa kendaraannya, dari spion, lampu sein, dan yang lainya sehingga sesuatu yang tidak diinginkan dapat diminimalisir," tuturnya.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Kapolres Sintang, AKBP Sudarmin ketika ditemui di Polres Sintang beberapa waktu lalu. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk membantu pihak keamanan menjaga Kamtibmas dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sendiri.

"Dengan masyarakat berhati-hati maka dengan sendirinya masyarakat juga turut serta membantu kami dalam menjaga Kamtibmas terlebih lagi pada liburan panjang begini," tukasnya. (Uli)

error: Content is protected !!