Sekilas Info

Antisipasi Lonjakan Harga, Wabup Sintang Monitoring Bapokting

SINTANG | SenentangNews.com - Wakil Bupati Sintang, Askiman melakukan monitoring ketersediaan Bahan Pokok dan Penting (Bapokting) di Pasar Junjung Buih, sejumlah pasar modern dan agen-agen sembako serta LPG di Kabupaten Sintang, Selasa (5/6).

Dari hasil monitoring tersebut, Wakil Bupati Sintang mengungkapkan bahwa stok Bapokting hingga hari Raya Idul Fitri masih aman sehingga diharapkan tidak akan membuat lonjakan harga.

"Untuk stok barang, kita lihat tadi aman hingga Hari Raya Idul Fitri mendatang, baik gula, minyak, tepung, dan beberapa bahan pokok lainnya. Dengan demikian, diharapkan lonjakan harga Bapokting tidak akan terjadi," ujarnya.

Meskipun demikian, Wakil Bupati Sintang mengaku ada sejumlah Barang Pokok dan Penting yang mengalami kenaikan harga seperti telur, daging ayam dan daging sapi. Untuk itu, ia berharap para spekulan tidak mengambil kesempatan dala kesempatan ini.

"Ada kenaikan harga seperti daging sapi yaitu Rp. 135.000,- per kilogram hingga Rp. 150.000,- per kilogram, daging ayam Rp. 42.000,- per kilogram dan telur dari Rp. 1.400,- per butir menjadi Rp. 1.800 per butir. Namun kenaikan itu masih dalam batas kewajaran," ucapnya.

Hal yang serupa juga diungkapkan oleh Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Sintang, H. Sudirman ketika dikonfirmasi usai pelaksanaan monitoring tersebut. Ia mengatakan pihaknya akan melakukan pasar murah dibm beberapa tempat untuk menekan sejumlah harga barang yang melonjak tinggi.

"Kita sudah menggelar beberapa operasi pasar di beberapa kecamatan, dan besok juga, Rabu (6/6) pasar murah akan digelar di Polres Sintang. Rencananya kita juga akan menggelar bazar telur dan daging," katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward mengapresiasi adanya langkah dari Pemerintah Kabupaten Sintang yang telah melakukan monitoring Bapokting menjelang hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Ini merupakan salah satu langkah penting yang memang harus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang terlebih lagi menjelang hari raya besar keagamaan seperti Hari Raya Idul Fitri," tuturnya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga mengatakan adanya monitoring ketersediaan Bapokting oleh Pemerintah Kabupaten Sintang dapat menjadi salah satu upaya mengantisipasi lonjakan harga di pasaran.

"Dengan monitoring, akan diketahui apa saja barang pokok yang stok kurang sehingga Pemerintah Kabupaten Sintang akan melakukan upaya untuk mengantisipasi kenaikan harga seperti dengan mengadakan pasar murah," tukasnya. (Uli)

error: Content is protected !!