Sekilas Info

Tunggu Tindak lanjut dari Kemendagri, Dewan Dorong Penyelesaian Tapal Batas Sintang-Sekadau

Komisi A DPRD Sintang Menggelar Rapat dengan Pemerintah di Ruang Rapat Komisi

SINTANG | SenentangNews.com- Ketua komisi A DPRD Sintang Syahroni terus mendorong Pemkab Sintang menyelesaikan persoalan tapal batas antara Kabupaten Sintang dan Sekadau tepatnya di desa Sunsong.

Menurutnya,permasalahan tapal batas merupakan hal penting terhadap masyarakat untuk mendapatkan kepastian.

“Kami terus mendorong hal ini supaya segera diselesaikan,” Syahroni usai menggelar rapat kerja dengan pemerintah belum lama ini.

Menurut Syahroni penyelesaian permasalahan tapal merupakan salah satu persyaratan agar pemekaran wilayah bisa segera diwujudkan.

“Jadi kalau ingin adanya pemekaran wilayah, hal ini harus diselesaikan terlebih dahulu,” ujarnya.

Politisi PKB ini juga berharap peran aktif dari pemprov Kalbar dalam memfasilitasi persoalan tapal batas yang menjadi permasalahan masyarakat di tingkat bawah.

“Kita berharap peran Pemprov dalam penanganan tapal batas ini sangat diperlukan supaya masalah tersebut mendapatkan kepastian hukum bagi masyarakat,”jelasnya.

Terpisah Asisten I Setda SintangAbdul Syufryadi mengatakan bahwa permasalahan tapal batas antara kabupaten Sintang dan Sekadau sudah menemui titik terang.

“Terakhir kita sudah melakukan konsultasi ke mendagri dengan teman-teman dewan yang difasilitasi oleh pihak propinsi hasilnya bahwa kedua kabupaten sepakat untuk menyelesaikan masalah ini,”jelas Abdul.

Selain itu lanjut Abdul pihaknya masih menunggu hasil dari pemerintah propinsi dan kemendagri untuk memutuskan tapal batas tersebut supaya masalah ini bisa secepatnya tuntas.

“Pada dasarnya ditingkat bawah sudah tidak ada masalah lagi, kami juga menunggu tindak lanjut dari pemerintah provinsi dan Kemendagri,”imbuhnya.

Mantan Sekwan ini berharap supaya permasalahan tapal batas antara kabupaten Sintang dan Sekadau bisa secepatnya diselesaikan sehingga masyarakat bisa tenang bekerja maupun identitasnya jelas.

“Kita berharap selesainya permasalahan tapal batas ini tidak menghambat pemekaran kecamatan baik Sintang maupun Sekadau,”tukasnya. (bny)