Sekilas Info

KPP Pratama Sintang Gelar Tax Gathering dengan Bendaharawan

Kepala KPP Pratama Sintang, Subandono Rachmadi Memberikan Sambutan dalan Acara Tax Gathering WP Bendahara di Hotel May Home Sintang, Selasa (30/1) kemarin

SINTANG | SenentangNews.com- Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sintang mengelar acara Tax Gathering kepada bendahara instansi vertikal dan bendahara dinas yang ada dilingkungan OPD Kabupaten Sintang di Ballroom Hotel My Home Sintang, Selasa (30/1) kemarin.

Tax Gathering ini dilakukan selain untuk memberikan pemahaman ketentuan perpajakan kepada seluruh bendahara yang ada di Kabupaten Sintang, juga dimaksudkan untuk mengapresiasi kinerja bendahara yang berada di wilayah kerja KPP Pratama Sintang pada tahun 2017.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sintang, Subandono Rachmadi mengatakan, pada tahun 2017, KPP Pratama Sintang berhasil merealisasikan penerimaan pajak sebesar Rp. 670,36 milyar atau 100.31% dari target.

Dari jumlah 18,32% tersebut penerimaan berasal dari penyetoran pajak oleh para bendahara pemerintah di 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu. Untuk itu, pihaknya menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kepatuhan dan pembayaran yang telah dilakukan oleh para bendahara.

“Apresiasi ini dilakukan dengan pemberian penghargaan kepada Bendahara Umum Daerah Kabupaten Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu sebagai bendahara koordinator pelaksanaan pemotongan dan pemungutan pajak tahun 2017,”katanya.

Subandono berharap agar kinerja dan kerjasama yang telah terjalin selama ini dapat ditingkatkan sekaligus juga pemenuhan kewajiban perpajakannya baik itu pembayaran maupun pelaporan pajaknya.

“Mengingat batas waktu pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi tahun pajak 2017 yang jatuh temponya tanggal 31 Maret 2018, diharapkan para bendahara dapat menunaikan tugasnya untuk membuat bukti potong 1721 A2 dan mendistribusikannya kepada seluruh pegawai di instansinya masing-masing secara tepat waktu,”tegasnya.

Subandono menjelaskan, tahun 2018 ini target penerimaan pajak KPP Pratama Sintang diperkirakan akan naik sebesar 23,7% dari target tahun lalu. Untuk itu pihaknya telah menyusun langkah-langkah untuk merealisasikan target tersebut diantaranya memanfaatkan pertukaran data, keterbukaan data perbankan, dan strategi penggalian potensi sektor usaha dominan penentu penerimaan seperti sektor perkebunan, konstruksi, perdagangan dan administrasi pemerintahan.

“Kegiatan Tax Gathering ini juga merupakan strategi untuk mengamankan penerimaan dari sektor bendahara pemerintah dengan terus memberikan sosialisasi dan bimbingan kepada para bendahara dalam memenuhi kewajiban perpajakannya,”jelasnya.

Dalam acara tax gathering tersebut para bendahara selain diberikan sosialisasi kewajiban perpajakan bendahara pemerintah, juga diberikan bimbingan teknis pembuatan bukti potong 1721 A2 serta tata cara penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi secara elektronik efiling.

Penulis : Berman Marpaung

Editor  : Oktavianus Beny