Sekilas Info

PKPI Sintang Penuhi Syarat Berkas Verifikasi dari KPU

Toni: Optimis Mampu Bersaing

SINTANG | SenentangNews.com- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sintang menyatakan DPK PKPI Kabupaten Sintang lolos verifikasi faktual tingkat kabupaten pada Pemilu 2019 mendatang.

Selasa (30/1) rombongan tim KPUD serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sintang mendatangi kantor DPK PKPI sekitar pukul 13.30 wib dijalan YC Oevang Oeray baning kota Sintang.

Dalam kesempatan tersebut tim yang dimotori langsung oleh ketua KPU Sintang Supranto Aji melakukan pengecekan kejelasan keanggotaan, domisili kantor, serta keterwakilan perempuan dalam kepengurusan Parpol.

Ketua KPU Sintang Supranto Aji mengatakan tujuan dilaksanakan verifikasi yaitu untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Parpol dalam melengkapi kepengurusan berkas maupun keanggotaannya.

“Jadi kami disini melihat sejauh mana persiapan Parpol dalam melengkapi berkasnya pada saat verifikasi hari ini. Khusus untuk Partai PKPI Sintang sudah memenuhi syarat.”kata Supranto Aji.

Lebih jauh dikatakan Supranto Aji, dalam verifikasi tersebut selain melihat kesiapan pengurus, pihaknya juga melihat domisili kantor tetap serta keterwakilan perempuan.

“Untuk syarat minimal keanggotaan di Sintang 403 anggota. Nah PKPI Sintang sudah menyerahkan 507 anggota. Jadi syaratnya sudah memenuhi,”jelas Supranto Aji.

Supranto Aji juga mengatakan hasil verifikasi yang dilakukan hari ini akan dibawa ke KPU RI pada tanggal 17 februari mendatang.

”Jadi finalnya disana (KPU RI) untuk menentukan lolos atau tidaknya partai menjadi peserta pemilu 2019 mendatang,”bebernya.

Ketua Panwaslu Sintang Fransiskus Ancis menjelaskan bahwa ikut serta pihaknya pada proses verifikasi faktual partai politik bertujuan untuk mengawal kerja KPUD Sintang.

"Sudah jadi tugas kami untuk selalu mengawal apa saja yang dikerjakan oleh para komisioner KPUD," terangnya.

Terpisah ketua DPK PKPI Sintang Toni bersyukur partainya telah lolos verifikasi. Partainya, kata Toni, telah melakukan persiapan beberapa bulan sebelumnya.

Dikatakan Toni proses verifikasi faktual yang dilakukan ke partai yang dipimpinnya ini menjadi hal penting sebelum ditetapkan secara resmi sebagai peserta pemilu 2019 mendatang.

Karena itu, lanjutnya segala persyaratan yang memang menjadi kewajiban setiap parpol telah dipenuhinya.

“Seperti saat ini, meskipun hanya pengurus saja yang diminta untuk data-datanya. Tapi, kami menghadirkan hampir seluruh pengurus di tingkat kecamatan. Ini sebagai bukti keseriusan partai PKPI,’’ ungkapnya.

Toni pun berharap, dengan keseriusan Partai PKPI ini dapat menjadi dorongan bagi masyarakat di Kabupaten Sintang ini.

“Kami hanya ingin menunjukkan bahwa Partai PKPI ada untuk masyarakat di bumi Senentang ini,’’bebernya.

Ditanya dengan target pada pileg 2019 mendatang, politisi senior ini mengatakan bahwa, partainya menargetkan satu fraksi atau empat kursi di legislatif Sintang.

“Kitakan sudah punya fraksi di parlemen, jadi kita berharap ada penembahan kursi pada pileg 2019 mendatang,"jelas Toni.

Toni mengungkapkan, empat kursi yang menjadi target pihaknya sudah dipersiapkan cukup lama. Pada Pileg 2019 mendatang, target tersebut diakuinya sangat realistis, karena sesuai fakta dan data yang sudah disajikan pihaknya.

“Kalkulasi kita, satu fraksi dengan empat kursi bisa terpenuhi di DPRD Sintang. Tapi ekspektasi teman-teman, target bisa lebih dari empat kursi,” tukasnya. (bny)

error: Content is protected !!