Sekilas Info

Lambat Diperbaiki, Nyawa Ancamannya Jalan Baning Kota Kian Parah

SINTANG I Senentang news.com-Parahnya kerusakan Jalan YC Oevang Oeray Baning kota Sintang membuat sebagian masyarakat Sintang merasa Gerah bahkan kondisi jalan tersebut  semakin memprihatinkan. Di beberapa titik, nyaris tidak terlihat lagi aspal jalan dan lebih mirip kubangan lumpur. Tercatat dalam waktu seminggu ini sudah ada dua kali kendaraan jenis truk terguling di lokasi baning tersebut.

“Sudah sering terjadi truk terbalik saat melintas di sini mas, yang ini sudah kedua kalinya dalam seminggu ini,” terang Anton warga baning pada Senentang news.com, Selasa  (29/4).

Dari pantauan media ini, jalan tersebut setiap harinya terus dilalui oleh truk-truk besar bermuatan yang membuat kondisi jalan semakin rusak. Jika kondisi jalan tidak segera diperbaiki, lakalantas dipastikan semakin banyak.

Menyikapi ini, Kasat Lantas Polres Sintang AKP Bagus Nyoman membenarkan bahwa jalan Baning Kota tersebut mengalami kerusakan. Bahkan kata Bagus selama ini telah terjadi beberapa laka yang mengakibatkan pengenadara Roda 2 maupun roda 4 mengalami kecelakaan.

"Dari catatan Kami (Lantas Sintang) selama bulan April ini , sudah ada satu laka lantas yang disebabkan oleh kerusakan jalan tersebut."Katanya

Untuk sejumlah kasus truk terguling, perwira berpangkat tiga balok di pundak ini menerangkan, rata-rata dikarenakan muatan truk yang berlebihan. Sehingga saat melintas di jalan yang tidak rata, truk terguling

“Lokasi itu menanjak, kebanyakan truk ini melebihi kapasitas sehingga tidak seimbang dan akhirnya terguling,” ungkapnya.

Kendati begitu, ia tak sepenuhnya menyalahkan kendaraan. Infrastruktur jalan, sebagai penunjang keselamatan berlalu lintas juga harus diperhatikan,” tegasnya.(Bny)