Sekilas Info

Libur Tahun Baru, Ribuan Wisatawan Serbu Batu Jato Pantok

SEKADAU | SenentangNews.com -
Momen liburan menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat termasuk liburan Natal dan Tahun Baru 2018. Sejumlah tempat wisata yang ada di Sekadau menjadi sasaran wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, salah satunya adalah Air Riam Batu Jato yang terletak di Desa Pantok, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau.

Ribuan masyarakat baik dari Kabupaten Sekadau dan juga dari daerah lain berbondong-bondong mendatangi tempat wisata tersebut. Hal tersebut mengakibatkan jalan yang berada di sekitar lokasi tempat wisata tersebut mengalami kemacetan yang cukup panjang.

Tak terkecuali Bupati Sekadau, Rupinus yang turut serta membawa keluarganya untuk menikmati tempat wisata Batu Jato Pantok pada liburan tahun baru 2018.

"Saya, istri dan anak-anak juga mengisi liburan dengan berwisata ke Batu Jato Pantok. Luar biasa, animo masyarakat untuk menikmati wisata yang disana, hal itu terlihat ramainya wisatawan yang berkunjung, perkiraan jumlahnya hingga ribuan," ujarnya.

Ia mengungkapkan wisata Batu Jato Pantok memiliki potensi yang cukup besar untuk menjadi salah satu destinasi wisata Kabupaten Sekadau. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Sekadau akan melakukan penataan secara bertahap pada tempat wisata tersebut sehingga nantinya akan menambah daya tarik wisatawan.

"Selainnya airnya yang masih jernis dan dilengkapi dengan bebatuan serta kondisi alam yang masih asri dan sejuk, tentu menjadi potensi yang luar biasa. Untuk itu, secara bertahap kita akan melakukan penataan termasuk jalan masuk menuju tempat wisata juga akan kita perbaiki sehingga akan menambah daya tarik wisatawan," tuturnya.

Sementara itu, Yuni, salah satu pengunjung dari Pontianak mengaku Wisata Batu Jato Pantok menarik dan indah terutama untuk dijadikan tempat selfie. Namun, dari segi fasilitas menurutnya memang masih kurang.

"Semoga kedepan semua fasilitas ini dilengkapi lagi sehingga lebih menarik lagi. Baru kali ini saya ke wisata Batu Jato, riam sungainya bagus, airnya bersih dan jernih, alamnya juga masih asri, pokoknya asyik berlibur ke batu jato, meski berjalan kaki sedikit,” ujarnya.

Kepala Desa Pantok, Anto mengatakan wisatawan yang berkunjung ke wisata Batu Jato Pantok ketika hari libur besar semakin meningkat dibanding pada hari libur biasa.

"Jika hari libur besar begini, pengunjung tidak hanya masyarakat dari Kabupaten Sekadau saja namun juga masyarakat dari daerah lain. Kita tidak menetapkan harga untuk tiket masuk, hanya saja kita mengambil parkir, untuk motor Rp. 2.000,- sedangkan untuk mobil Rp. 5.000," tukasnya. (Tjo/Uli)

error: Content is protected !!