Sekilas Info

Hajad Sekadau, Warga Antusias Saksikan Lomba Sampan Bidar

SEKADAU | SenentangNews.com – Ratusan masyarakat terlihat antusias melihat secara langsung lomba Sampan Bidar. Lomba yang dibuat dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sekadau yang ke- XIIV digelar di Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Minggu (17/12).

Panitia penyelenggaraan lomba Sampan Bidar, Abdul Hamid mengungkapkan pada lomba ini ada 82 tim dari bebragai daerah yaitu Sanggau, Sintang, Melawi, Mempawah dan juga dari Kabupaten Sekadau.

“Kegiatan ini dalam rangka Hajad Kabuapten Sekadau ke-XIIV dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi dan juga untuk melestarikan budaya sampan bidar,” ucapnya.

Abdul Hamid mengatakan kegiatan ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Sintang dengan Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI).

“Antusiasme masyarakat dalam menyaksikan lomba ini sangat tinggi, terlebih lagi lomba ini tidak hanya menghadirkan tim dari Kabupaten Sekadau saja tetapi dari kabupaten lain juga,” ujarnya.

Camat Sekadau Hilir, Safi’i Yanto mengatakan selain untuk melestarikan budaya , adanya lomba sampan ini juga menjaring atlet-atlet berbakat khususnya atlet sampan bidar dari Kabupaten Sekadau.

Seluruh tim harus terus menjunjung tinggi sportivitas dan terus bersemangat untuk meningkatkan kualitasnya untuk event selanjutnya,” tuturnya.

Hal yang senada juga diungkapkan oleh Ketua PODSI Kabupaten Sekadau, Supardi. Ia mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk menjaring bibit-bibit atlet dayung untuk bersaing diajang Porprov 2018.

“Lomba sampan bidar ini telah kita laksanakan dua kali dalam setahun. Tujuannya adalah untuk menjaring bibit-bibit atlet dayung untuk bersaing pada ajang Porprov tahun 2018 mendatang,” tukasnya. (Tjo/Uli)