Sekilas Info

APDESI Sekadau Sudah Terbentuk, Teguh : Jangan Dibawa Ke Politik Praktis

SEKADAU | SenentangNews.com - Terbentuknya Asiosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) kabupaten Sekadau hasil pemilihan seluruh kepala desa (Kades) beberapa waktu lalu di Gedung Kateketik.

Hasil musywarah tersebut berdasarkan hasil foting terpilihlah Abdul Azis kepala desa Rawak Hulu setelah beberapa minggu menahkodai APDESI Azis sudah melakukan langkah-langkah nyata yakni dengan menbuat usulan ke bupati ikwal kecilnya tunjangan seorang kades bahkan tidak memenuhi standar Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2017 yakni 1,9 juta perbulan. Sedangkan tunjangan kades hanya 1,6 juta perbulan itu di terima tiga sampai Enam bulan sekali. Lalu bagaimana cara kades makan,ini yang perlu kita sikap sebagai langkah awal.

"Kita sudah menyurati bupati untuk mengusulkan kenaikan tunjangan kades.Sebagai bahan bagi bupati untuk mengusulkan ke DPRD ikwal tunjangan kades tersebut semua kades telah menandatangani usulan tersebut. Harapnya semoga usulan tersebut di setujui oleh Dewan," kata Abdul Azis ketua APDESI sekadau di temui Senin (30/10) kemarin di sekadau.

Ia berharap wadah ini bisa menjadi sarana bagi para kepala desa untuk bertukar pikiran dan bertukar pengalaman dan menjadi tempat untuk mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi kades. Tugas berat yang di emban oleh kades hendaknya dibarengi dengan pendapatan yang memadai agar tidak terjadi penyelewengan dana-dana yang dikelola oleh kades.

"Saya tidak ingin ada kades yang terjerat hukum akibat salah mengelola dana desa maupun APBDes," harap Azis

Masih dikatakan oleh Azis, sebagai agenda rutin APDESI Sekadau kedepan rencananya setiap bulan kita akan adakan pertemuan untuk membahas berbagai masalah serta mengali berbagai persoalan yang ada di desa-desa. Sehingga kita bisa bantu mencarikan solusi jika ada kepala desa yang bermasalah dengan BPBD maupun dengan warga maupun permaslahan hukum, ucap Azis.

Ir. Teguh Arif Hardyanto anghoya DPRD sekadau dari Partai Nasdem menangapi terbentuknya APDESI sekadau mengapresisiasi.namun ia memgingatkan agar keberadaan APDESI tidak di bawa-bawa ke politik praktis. Kendati kepala desa adalah pejabat politik, namun dirinya tidak menampik kalau kepala desa terlibat politik. Tapi, jangan organisasi yang di bawa-bawa masuk ke politik agar arganisasi tersebut tidak tercemar oleh kepentingan politik, pesan Teguh.

"Saya hanya mengingatkan agar organisasi yang dinakhodai oleh Kades Rawak Hilir ini tidak di bawa-bawa ke politik praktis. Tujuan adalah agar organisasi tersebut tidak tercemar dengan kepentingan politik tertentu saja," saran Teguh

Teguh sapaan akrab politikus partai Nasdem ini mengingatkan agar kepala desa tetap menjalan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal ini tentu untuk menghindari agar kades tidak terjerat hukum. Karena dana yang di glontorkan untuk desa sangat besar, makanya kades tidak boleh tergiur dengan uang. Dana tersebut tentu ada aturan yang baku untuk mengunakanya,ingatnya (tjo).