Sekilas Info

Hermanto : Warga Jangan Lupa Cek Kelayakan Instalasi

Hermanto Aci

SINTANG | SenentangNews.com – Dalam satu pekan kemarin, terjadi dua kejadian kebakaran yang salah satunya diduga berasal dari arus pendek listrik. Hal itu mendapatkan tanggapan dari anggota DPRD Kabupaten Sintang, Hermanto.

Polisiti dari partai Nasdem ini mengungkapkan beberapa kejadian kebakaran di Kabupaten Sintang sering kali terdengar disebabkan oleh listrik. Hal itu dikarenakan adanya kelalaian dari konsumen dalam menggunakan listrik.

“Menurut saya itu adalah kelalaian konsumen, maka dari itu saya meminta kepada masyarakat untuk memperhatikan kelayakan instalasi seperti isolasi pembungkus kabel, jika sudah menipis atau rusak, segera ganti,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya peristiwa kebakaran yang tidak hanya bisa merugikan materi tetapi juga bisa mengancam korban jiwa, ia juga emminta kepada masyarakat untuk tidak menggunakan listrik secara ilegal.

“Selain termasuk dalam tindak kejahatan, penggunaan listrik secara ilegal sendiri bisa mengancam keselamatan jiwa. Ada beberapa prosedur yang harus diperhatikan ketika melakukan pemasangan listrik dan juga dalam merawat jaringan listrik agar tidak terjadi kebakaran,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, ia juga meminta kepada pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk turun langsung memeriksa atau bahkan merazia jaringan listrik di rumah-rumah atau bangunan yang tidak sesuai dengan Standar Layak Operasional (SLO).

“PLN juga harus turun ke lapangan untuk memeriksa jaringan listrik di rumah atau bangunan yang ada. Jika memang sudah kedaluwarsa harus diganti. Ini salah satu upaya untuk mencegah terjadinya arus pendek listrik,” tukasnya. (Uli)