Sekilas Info

Didesak, Ketua DPRD Sintang Minta Pemkab Segera Cari Solusi

Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward

SINTANG | SenentangNews.com – Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang untuk segera mengambil tindakan dan mencari solusi terhadap permasalahan Guru Garis Depan (GGD) yang saat ini menjadi polemik di Kabupaten Sintang.

“Kita meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang untuk segera mengambil langkah-langkah dalam menyelesaikan permasalahan ini. Segera koordinasi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat mengenai GGD ini,” ujarnya.

Ia mengungkapkan isi dari aksi penolakan GGD yang disampaikan oleh Aliansi Masyarakat Peduli Pendidikan dikarenakan adanya syarat khusus ketika rekuitmen GGD yaitu peserta harus memiliki Sertifikat Profesi yang hanya didapat melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG).

“Yang jadi polemik sekarang adalah saat rekuitmen GGD, putra-putri daerah tidak bisa turut serta karena adanya syarat khusus yaitu harus memiliki sertifikat pendidik sehingga yang diterima menjadi GGD adalah warga dari luar Kalbar. Ini yang diprotes masyarakat, apalagi banyak guru-guru honorer yang sudah mengabdi berpuluh-puluh tahun di daerah namun tak bisa ikut dalam rekuitmen tersebut,” tuturnya.

Mengenai permintaan dari Aliansi Masyarakat Peduli Pendidikan yang meminta GGD untuk dikembalikan, ia mengaku bahwa harus ada langkah-langkah yang ditempuh terlebih lagi Guru Garda Depan ini adalah program dari Pemerintah Pusat.

“GGD ini program Pemerintah Pusat, kita hanya sebagai penerima saja. Program ini sebenarnya cukup baik, hanya persyaratannya cukup berat. Kita tak mungkin bisa semena-mena mengambil keputusan untuk memulangkan mereka. Untuk itu, kita harap Pemerintah Daerah mereka bisa mengambil langkah-langkah tepat terkait masalah ini,” tukasnya. (Uli)

error: Content is protected !!